Sirojuddin, Ahmad (2024) Analisis Implementasi Pembelajaran Fiqih Lingkungan Dalam Pembiasaan Hifẓul Bi’ah (Peduli Lingkungan) di Madrasah Aliyah Darul Ulum Saleh Jaya Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
3. DAFTRA ISI.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa tentang Hifẓul Bi’ah (peduli lingkungan), cara penerapan, dan implementasi Hifẓul Bi’ah di Madrasah Aliyah Darul Ulum Saleh Jaya Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis penerapan Hifẓul Bi’ah (peduli lingkungan) melalui wawancara dengan kepala madrasah, guru, dan siswa, serta observasi langsung dan dokumentasi kegiatan lingkungan di madrasah. Subjek penelitian meliputi para pemangku kepentingan di madrasah yang terlibat langsung dalam kegiatan lingkungan, sedangkan objek penelitian fokus pada praktik Hifẓul Bi’ah yang diimplementasikan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan pola-pola dari data verbal dan observasi. Penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting. Pertama, meskipun siswa memiliki kesadaran umum mengenai pentingnya menjaga lingkungan, mereka kurang memahami secara spesifik bagaimana tindakan mereka mempengaruhi lingkungan dan praktik pelestarian yang efektif. Kedua, madrasah telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti penghijauan dan daur ulang, namun penerapan ini belum konsisten atau terintegrasi penuh dalam sistem pendidikan madrasah. Terakhir, meskipun ada inisiatif yang berhasil, masih terdapat tantangan besar seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan untuk pelatihan guru yang lebih mendalam, serta dukungan manajemen yang lebih kuat. Implikasi dari penelitian ini secara teoretis menambah pengetahuan tentang aplikasi Hifẓul Bi’ah dalam pendidikan Islam, sementara secara praktis diharapkan memberikan masukan untuk peningkatan aktivitas peduli lingkungan di madrasah dan masyarakat sekitar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kurikulum, peduli lingkungan, sistem pendidikan madrasah | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:24 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:24 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |