Analisis Implementasi Pembelajaran Fiqih Lingkungan Dalam Pembiasaan Hifẓul Bi’ah (Peduli Lingkungan) di Madrasah Aliyah Darul Ulum Saleh Jaya Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan

Sirojuddin, Ahmad (2024) Analisis Implementasi Pembelajaran Fiqih Lingkungan Dalam Pembiasaan Hifẓul Bi’ah (Peduli Lingkungan) di Madrasah Aliyah Darul Ulum Saleh Jaya Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. DAFTRA ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa tentang Hifẓul Bi’ah (peduli lingkungan), cara penerapan, dan implementasi Hifẓul Bi’ah di Madrasah Aliyah Darul Ulum Saleh Jaya Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis penerapan Hifẓul Bi’ah (peduli lingkungan) melalui wawancara dengan kepala madrasah, guru, dan siswa, serta observasi langsung dan dokumentasi kegiatan lingkungan di madrasah. Subjek penelitian meliputi para pemangku kepentingan di madrasah yang terlibat langsung dalam kegiatan lingkungan, sedangkan objek penelitian fokus pada praktik Hifẓul Bi’ah yang diimplementasikan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan pola-pola dari data verbal dan observasi. Penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting. Pertama, meskipun siswa memiliki kesadaran umum mengenai pentingnya menjaga lingkungan, mereka kurang memahami secara spesifik bagaimana tindakan mereka mempengaruhi lingkungan dan praktik pelestarian yang efektif. Kedua, madrasah telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti penghijauan dan daur ulang, namun penerapan ini belum konsisten atau terintegrasi penuh dalam sistem pendidikan madrasah. Terakhir, meskipun ada inisiatif yang berhasil, masih terdapat tantangan besar seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan untuk pelatihan guru yang lebih mendalam, serta dukungan manajemen yang lebih kuat. Implikasi dari penelitian ini secara teoretis menambah pengetahuan tentang aplikasi Hifẓul Bi’ah dalam pendidikan Islam, sementara secara praktis diharapkan memberikan masukan untuk peningkatan aktivitas peduli lingkungan di madrasah dan masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kurikulum, peduli lingkungan, sistem pendidikan madrasah
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > PAI
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:24
Last Modified: 28 Jul 2025 04:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14653

Actions (login required)

View Item View Item