Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Magnetic Menggunakan QR Code Berbasis Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Di SMA

Rizqi, Muhammad Kaffana (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Magnetic Menggunakan QR Code Berbasis Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Di SMA. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (775kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (622kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (698kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

Pendidikan di era digital saat ini menuntut adanya inovasi dalam media pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar serta tidak meninggalkan nilai keislaman. Khususnya dalam mata pelajaran biologi, yang sering dianggap kurang menarik oleh sebagian besar siswa, diperlukan pendekatan yang kreatif dan interaktif. Materi sistem pernafasan manusia merupakan salah satu topik yang memerlukan pemahaman mendalam dan seringkali membutuhkan visualisasi yang jelas untuk memudahkan siswa dalam memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran Dart Board Magnetic QR Code pada materi sistem pernafasan berbasis keislaman di SMA, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Dart Board Magnetic QR Code pada materi sistem pernafasan berbasis keislaman di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan menggunakan yang model pengembangan (R&D) versi Richey dan Klein yaitu model PPE (Planing, Production, and Evaluation). Hasil Need Asesment di Sekolah SMA N 1 Jepara membutuhkan media pembelajaran yang interaktif, modern, dan menyenangkan. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan yaitu media pembelajaran Dart Board Magnetic QR Code berbasis nilai keislaman di SMA, media Dart Board berisikan konten QR Code yang berisi materi sistem pernafasan pada aplikasi google sites. Produk selanjutnya di validasi oleh dosen ahli materi, ahli media, dan ahli nilai keislaman. Berdasarkan hasil validasi kelayakan produk dari ahli materi biologi memperoleh presentase sebesar 86,69% dari ahli media sebesar 75,69% dengan kategori “layak”. dan ahli nilai keislaman sebesar 95,83% dengan kategori “sangat layak”, kemudian media pembelajaran diuji secara langsung di kelas XI 5 SMA N 1 Jepara, guru dan 30 siswa memberikan respon baik terhadap produk Dart Baord Magnetic QR Code dengan perolehan skor masing-masing sebesar 87,5% dan 89,33% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Dart Board Magnetic QR Code berbais nilai keislaman pada materi sistem pernafasan manusia layak digunakan dalam proses pembelajaran kelas XI SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFikri, Achmad AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dart Board Magnetic, QR Code, Sistem Pernafasan, Nilai Keislaman
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:34
Last Modified: 04 Aug 2025 07:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item