Manajemen Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mapel PAI (Studi Multi kasus di SDN 2 Gemiringlor dan SD IT Al Husna Pelemkerep)

Najib, Muhammad Ainun (2024) Manajemen Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mapel PAI (Studi Multi kasus di SDN 2 Gemiringlor dan SD IT Al Husna Pelemkerep). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (586kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)

Abstract

Manajemen yang efektif dalam organisasi pendidikan, termasuk pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, sangatlah penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah, seperti SD IT Al Husna dan SDN 2 Gemiringlor, membawa perubahan dan tantangan baru, khususnya bagi guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Menganalisis respon guru PAI dalam menerjemahkan Kurikulum Merdeka. 2) Menganalisis manajemen guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mapel PAI di SDN 2 Gemiringlor dan SD IT Al Husna Pelemkerep . 3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat manajemen guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Mapel PAI di SDN 2 Gemiringlor dan SD It Al Husna Pelemkerep. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode yang dirilis oleh Miles dan Huberman melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dengan lokasi penelitian di SDN 2 Gemiringlor dan SD IT Al Husna Pelemkerep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Respon Guru PAI di SDN 2 Gemiringlor dan SD IT Al Husna Pelemkerep terdapat kesamaan dan cenderung setuju dengan konsep yang diitawarkan oleh kurikulum merdeka. Pasalnya Kurikulum Merdeka memberikan otonomi yang lebih besar kepada guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Akan tetapi disisi lain, penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI masih dalam tahap awal dan membutuhkan upaya dari berbagai pihak. 2) Manajemen guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI di SDN 2 Gemiringlor meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun di SD IT Al Husna Pelemkerep meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi Kurikulum Merdeka antara SDN 2 Gemiringlor dan SD IT Al Husna Pelemkerep memiliki kesamaan dan kemiripan. Adapaun faktor pendukung yaitu meliputi: ketersediaan sarana dan prasarana, sosialisasi dan pelatihan, dukungan masyarakat sekitar, serta dukungan dari kepala sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu: Kurangnya motivasi guru, kurangnya kompetensi guru, keterbatasan waktu guru dalam belajar kurikulum merdeka, serta pelatihan dan sosialisasi yang minim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMiftah, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Guru, Kurikulum Merdeka, Implementasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:56
Last Modified: 13 Aug 2025 08:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item