Implementasi Metode Amstal dalam Pembentukan Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Roudlotuth Tholibin Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024”

Sufyan, Ahmad (2024) Implementasi Metode Amstal dalam Pembentukan Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Roudlotuth Tholibin Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024”. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (331kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beredarnya kasus yang terjadi tidak lama ini yaitu seorang murid yang tidak punya sikap ta’dhim kepada gurunya, bahkan berani membantah gurunya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana implementasi metode amtsal dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Roudlotuth Tholibin. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode amtsal dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Roudlotuth Tholibin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTs NU Roudlotuth Tholibin. Subjek penelitianya yaitu Guru pengampu mata pelajaran akidah Akhlak dan peserta didik MTs NU roudhlotuth tholibin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam penerapan metode amtsal pada pembelajaran guru harus melakukan beberapa hal yaitu, pertama persiapan, kedua mengawali pembelajaran dengan merefleksi materi pelajaran yang akan di bahas. Ketiga, menyampaikan ayat yang relevan terkait materi yang sedang dibahas. Keempat Menjelaskan relevansi atau keterkaitan materi pembahasan hari Akhir dengan Qs Al-Qoriah. (2) Ada beberapa faktor yang mendukung penerapan metode amtsal dalam proses pembelajaran, adalah pertama, tidak memerlukan biaya, kedua, mudah digunakan, ketiga, Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Ada juga beberapa faktor yang dapat menghambat penggunaan metode amtsal dalam proses pembelajaran, yaitu; pertama, keterbatasan materi pembahasan, kedua, kesulitan mencari perumpamaan ayat Al-Qur’an, ketiga, kemampuan peserta didik yang beragam dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufikin, TaufikinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Amtsal, Pembentukan Karkter, Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:50
Last Modified: 25 Aug 2025 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item