Ni’mah, Shofwatin (2024) Students’ Listening Anxiety in English as EFL Learners: Factors and Strategies for Solution (A Descriptive Qualitative Study at STEC “Student English Club” of State Islamic Institute (IAIN) Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
5. Bab II.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
6. Bab III.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
7. Bab IV.pdf Download (564kB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) |
Abstract
Kompleksitas mendengarkan dalam pembelajaran mendengarkan sering kali menghalangi pembelajar EFL untuk menguasainya. Hal ini dapat memicu kecemasan pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecemasan mendengarkan siswa EFL dan strategi pembelajaran di STEC "Student English Club". Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kecemasan apa yang mempengaruhi pembelajaran mendengarkan siswa EFL berdasarkan sudut pandang siswa, serta strategi apa yang mereka gunakan untuk mengatasi kecemasan mendengarkan mereka, yang didukung oleh teori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi checklist sebagai 'Peran Pengamat Nonpartisipan' dan wawancara semi terstruktur “satu per satu” untuk memperoleh data dari responden. Dalam penelitian ini, lima orang siswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasilnya, penemuan ini menemukan siswa cemas ketika belajar mendengarkan. Empat faktor yang mempengaruhi pembelajaran mendengarkan siswa: faktor guru, faktor siswa, materi dan proses mendengarkan, dan faktor lainnya. Dalam hal ini faktor yang mempengaruhi siswa adalah faktor materi, dan faktor lain seperti lingkungan juga sering mendukung terjadinya kecemasan. Sedangkan, strategi yang mereka gunakan sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, dan strategi afektif. Salah satu strategi yang paling sering digunakan oleh siswa adalah strategi kognitif. Selain itu, mereka cukup sering menggunakan strategi metakognitif dan afektif. Kemudian, strategi kompensasi lebih sedikit digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Listening Anxiety, Factor Anxiety, Strategy for Solution | ||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Inggris > Ejaan, Pengucapan Bahasa Inggris Baku Bahasa > Bahasa Inggris > Tata Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:02 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |