Farid, Nabil Muhammad (2024) Implementasi Metode Takrir di Kelas Khusus MTs Raden Umar Said Colo Dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
7. BAB lV.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
Abstract
Peneliti membahas tentang implemetasi metode takrir di kelas khusus MTs Raden Umar Said Colo dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. Dilatar belakangi oleh banyaknya keluhan dari teman-teman baik yang sedang menghafal al-Qur’an. Mereka merasa kesulitan dalam menghafal dan melancarkan al-Qur’an. Setiap orang memiliki perbedaan baik kelebihan dan kekurangan dalam kemampuan menghafal dan mengingat al-Qur’an. Oleh karena itu perlu penerapan metode takrir dalam meningkatkan menghafal al-Qur’an. Hal tersebut menjadi salah satu alasan diterapkannya metode takrir dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif. Pada saat mengambil subyek penelitian, penulis menggunakan teknik secara triangulasi (gabungan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu pertama, cara seorang guru melaksanakan metode takrir di kelas khusus MTs Raden Umar Said Colo dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. dengan menggunakan tiga tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat implemetasi metode takrir di kelas khusus MTs Raden Umar Said Colo dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. Faktor pendukung meliputi dukungan penuh dari guru, pengaruh teman dan lingkungan, serta peran orangtua dalam memberikan motivasi dan dukungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, seperti perbedaan kemampuan siswa, rasa malas, dan aktifitas siswa yang terlalu tinggi. Ketiga, Hasil yang diperoleh dalam implemetasi metode takrir di kelas khusus MTs Raden Umar Said Colo dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an adalah para siswa menggunakan metode takrir untuk menghafal al-Qur’an secara mandiri, membaca ayat per ayat sebelum menyetorkannya kepada guru setiap hari. Mereka menghafal untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengamalkan isi al-Qur’an. Proses ini dilakukan dengan tekun dan disiplin, dan metode takrir terbukti membantu dalam menghafal. Dukungan komitmen dari siswa, guru, dan orang tua memberikan dampak positif secara keseluruhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Takri, Kelas Khusus, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 04:14 | ||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 04:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |