Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren di MTs Qudsiyyah Putri Kudus

Maknun, Ainina Lukluil (2024) Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren di MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum muatan lokal berbasis pesantren, pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis pesantren dan evaluasi kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan berbagai data sesuai focus penelitian mulai wawancara, observasi langsung dan studi dokumen. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan sampel propursif, yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru muatan lokal berbasis pesantren. Kemudian analisis data menggunakan pendekatan interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis dan pembahasan data diperoleh hasil yiatu: 1) Perencanaan kurikulum muatan lokal berbasis pesantren yaitu: a) penyusunan silabus dan b) penyusunan RPP untuk pembelajaran muatan lokal berbasis pesantren. 2) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis pesantren yaitu: a) Kegiatan pendahuluan. Guru memberi ucapan salam dan doa bersama, guru mengatur suansana kelas dan juga melakukan absensi, guru mengulas kembali materi di pertemuan sebelumnya, guru mengadakan tanya jawab seputar materi yang hendak diajarkan. b) Kegiatan inti. Guru mengajarkan materi dan siswa melengkapi materi yang diterangkan oleh guru, guru memberi peluang kepada siswa untuk bertanya, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran, guru membagi siswa menjadi beberapa tim untuk melakukan diskusi, guru mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian. c) Kegiatan penutup. Guru mengajarkan materi dan siswa melengkapi materi yang diterangkan oleh guru, guru memberi peluang kepada siswa untuk bertanya, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran, guru membagi siswa menjadi beberapa tim untuk melakukan diskusi, guru mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian. 3) Evaluasi kurikulum muatan lokal berbasis psantren yaitu: a) evaluasi formatif, evaluasi jangka pendek yang dilakukan setelah selesai pembelajaran, biasanya berbentuk tes tertulis, tes lisan, atau hasil unjuk kerja. dan b) evaluasi sumatif, penilaian jangka panjang yang dilakukan pada tengah semester, akhir semester atau akhir tahun pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Muatan Lokal, Pesantren
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:05
Last Modified: 03 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item View Item