Huda, Nurul (2024) Implementasi Metode Global Dalam Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peserta Didik Kelas 1 Sdit Al- Islamiyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode global dalam pembelajaran membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SDIT Al-Islamiyah dan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDIT Al-Islamiyah dengan menggunakan metode global. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Field research yaitu penelitian yang menggunakan suatu kegiatan lapangan sebagai objek penelitiannya dengan terjun langsung ke lokasi seperti lingkungan masyarakat atau ketempat yang diinginkan untuk mencari sumber datanya. Adapun sumber yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari hasil Wawancara, skirpsi, jurnal , dokumen-dokumen, dan buku-buku terkait dengan studi yang akan dilakukan. Data sekunder, Sumber informasi sekunder ialah informasi yang diperoleh melalui pihak lain, tidak langsung dari permasalahan penelitiannya. Informasi sekunder dapat diperoleh dari instansi-instansi, taman pustaka, ataupun dari pihak yang lain. Berdasarkan hasil observasi dan analisis mengenai implementasi penggunaan metode global dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia terhadap peserta didik kelas 1 SDIT Al-islamiyah Kudus, Implementasi Metode Global di SDIT Al Islamiyah Kudus telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pendekatan ini, yang melampaui pengenalan huruf dan kata, memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bahasa melalui lingkungan belajar yang menarik dan kegiatan pembelajaran yang interaktif. Dengan dukungan orang tua dan evaluasi yang konstruktif, metode ini tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca tetapi juga keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, mempersiapkan siswa untuk tantangan pembelajaran di masa depan. Meskipun ada beberapa hambatan seperti keterbatasan akses teknologi dan perbedaan kemampuan siswa, komitmen sekolah dan pelatihan guru yang berkelanjutan telah memainkan peran penting dalam kesuksesan implementasi Metode Global. Inisiatif ini telah menginspirasi lembaga pendidikan lain untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan memotivasi, serta menyesuaikan metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa dan tuntutan pendidikan kontemporer
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Global, Pembelajaran Interaktif, Evaluasi dan Adaptasi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Bahasa (Ketrampilan Berkomunikasi) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:42 | ||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |