Strategi Public Relations NU Care-LAZISNU Kabupaten Kudus dalam Meningkatkan Citra Lembaga

Muna, Alfiyan Chasanul (2024) Strategi Public Relations NU Care-LAZISNU Kabupaten Kudus dalam Meningkatkan Citra Lembaga. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (905kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (356kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB)

Abstract

Public Relations NU Care-LAZISNU Kudus Kabupaten memiliki peran penting dalam meningkatkan citra lembaga di masyarakat. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations dalaam meningkatkan citra lembaga. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi indikator meningkatnya citra lembaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Subjek penelitian ini adalah staff divisi public relations, ketua LAZISNU Kudus, dan ketua UPZIS Desa Bae. Uji keabsahan data penelitian menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), serta menggunakan bahan referensi. Adapun analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan oleh public relations LAZISNU Kabupaten Kudus dalam meningkatkan citra lembaga telah sesuai dengan teori Chris Fill yaitu melalui pola komunikasi pull, push and profile strategy. Pull (menarik) dilakukan dengan mengadakan program yang menyentuh masyarakat, push (mempertahankan) dengan memberikan publikasi dan transparansi, kemudian profile melalui pemberian apreasisi yang kemudian dikuatkan dengan teori bauran P.E.N.C.I.L.S milik dari Thomas L Harris, yaitu publications, event, community involvement, inform or image, lobbying and negotiation, social responsibility. (2) Indikator dari meningkatnya citra LAZISNU Kudus adalah meningkatnya jumlah penerimaan zakat, adanya kepercayaan berupa zakat Perusahaan, dan kepercayaan menjalankan program berskala nasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuciati, SuciatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Citra, Public Relations, LAZISNU Kudus
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:13
Last Modified: 02 Oct 2025 08:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item View Item