Inayah, Nur (2024) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MI Terpadu Al Anwar Sarang Rembang. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran muatan lokal keagamaan (mulok) di MI Terpadu Al Anwar Sarang, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis data yang ditemukan di MI Terpadu Al Anwar Sarang Rembang. Data dari lapangan didapatkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sementara responden didapatkan melalui teknik snowball sampling. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman, yakni penyajian data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan muatan lokal di MI Terpadu Al Anwar Sarang Rembang mempertimbangkan banyak hal yang mencakup kebutuhan masyarakat dan siswa, penentuan muatan lokal, metode dan media ajar, serta merencanakan evaluasi pembelajaran. Muatan lokal ini telah lama dilestarikan tanpa perubahan, hanya mengalami pengembangan mengikuti kurikulum yang di terapkan 2) Beberapa muatan lokal di adopsi dari kultur pesantren, seperti Tadris Al Qur’an, Ilmu Nahwu, Ilmu Tauhid, Akhlaq Salaf, Pegon, Ilmu Tajwid, Tahfidz, Ubudiyah, dan Fiqih Salaf. 3) Evaluasi program pembelajaran melibatkan penilaian harian dengan setoran hafalan dan membaca kitab, serta penilaian sumatif untuk menentukan kelulusan siswa. MI Terpadu Al Anwar Sarang memprioritaskan pembentukan karakter, penanaman akidah, dan memperluas khazanah keilmuan agama. 4) Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh perencanaan matang, sarana prasarana yang memadai, pengajar berkompeten, dan siswa yang merupakan santri di pondok pesantren. Namun, hambatan muncul dalam adaptasi terhadap perubahan kurikulum, serta kelelahan dan ketiadaan perhatian siswa yang merupakan santri di pondok pesantren seperti beberapa santri yang kelelahan dengan kegiatan di pesantren, sehingga beberapa kali tertidur di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Muatan Lokal, Karater Religius | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2025 04:16 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2025 04:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |