Pengembangan KIT Microsains Ekosistem Berorientasi Keterampilan Proses Sains Siswa MI/SD

Mustofa, Ahmad Lutfi (2024) Pengembangan KIT Microsains Ekosistem Berorientasi Keterampilan Proses Sains Siswa MI/SD. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (770kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (848kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Proses sains merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa saat ini. Siswa dengan keterampilan proses sains yang baik akan mampu menguasai materi pelajaran dan memiliki pola pikir yang ilmiah dan sistematis, baik saat proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari- hari. Walaupun penting bagi siswa namun beberapa fakta menunjukkan siswa masih memiliki kesulitan dalam melakukan proses sains. Dalam melaksanakan proses sains, siswa masih kesulitan dalam meru muskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, dan merancang penyelidikan. Untuk itu dibutuhkan penerapan media pembelajaran yang cocok untuk meningkat kan ket eramp ilan proses sains siswa, salah satunya adalah media Kit yang berorientasi pada keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk/media pembelajaran Kit Microsains yang berorientasi pada keteramp ilan proses sains untuk siswa MI/SD. Penelit ian menggunakan model 4D dengan penyederhanaan menjadi 3D (Define, Design, and Develop). Kelayakan media pembelajaran d iperoleh melalui t iga tahap dan dievaluasi oleh ahli validasi med ia, materi dan guru. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran Kit Microsains untuk materi ekosistem yang disesuaikan dengan KD dan Indikator pembelajaran IPA. Hasil analisis kelayakan desains Kit Microsains yaitu; sudah sesuai dan ideal untuk pembelajaran IPA di jenjang SD/MI. Berdasarkan persentase hasil validasi ahli media d iperoleh 100%, persentase hasil validasi ahli materi diperoleh 80% dan persentase guru diperoleh 100% dengan kategori med ia pembelajaran sangat tinggi dan sudah sesuai digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SD/MI pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDAhsani, Eva Luthfi FakhruUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KIT Microsains, Keterampilan Proses Sains, Ekosistem
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2025 04:32
Last Modified: 08 Oct 2025 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item