Divant, Adhelia Imel (2024) Buku Ajar Membaca Permulaan Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Al Qur’an Ittihadul Ummah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (645kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (891kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (407kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1)Untuk mengetahui bentuk pengembangan media pembelajaran buku ajar membaca permulaan (First Grade) pada anak usia 5-6 tahun kelas TK B PAUD Al-Qur’an Ittihadul Ummah Jekulo. 2) Untuk mengetahui kelayakan buku ajar membaca (first Grade) terhadap kesiapan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun kelas TK B PAUD Al-Qur’an Ittihadul Ummah Jekulo. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini merupakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian pengembangan Four-D (4D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Model ini meliputi empat tahapan yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate ).Tahap Define meliputi analisis awal-akhir, analisis karakteristik siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Kemudian dilanjutkan tahap Design yang meliputi pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Selanjutnya dilakukan tahap Develop dengan proses validasi ahli, revisi produk, dan uji coba produk. Kemudian dilanjutkan tahap akhir yaitu tahap Disseminate atau penyebaran produk yang telah dikembangkan dan dinyatakan layak digunakan. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini berupa buku ajar membaca permulaan first grade yang dilengkapi dengan stiker cutting. Media pembelajaran buku ajar membaca permulaan first grade telah dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pengembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil validasi Ahli Materi diperoleh rata-rata persentase 90,83% dengan kriteria “sangat layak”. Dari hasil Ahli Media diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,56% dengan kriteria “sangat layak”. Selain itu, berdasarkan respon siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 87,47% sehingga produk komik digital yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Membaca Permulaan, Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2025 07:48 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |