Analisis Nilai-nilai Pendidikan IPS Dalam Tradisi Buntut-buntut Lawe Sebagai Sarana Edukasi Bagi Masyarakat Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus

Juhairoh, Vina (2024) Analisis Nilai-nilai Pendidikan IPS Dalam Tradisi Buntut-buntut Lawe Sebagai Sarana Edukasi Bagi Masyarakat Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (997kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (988kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi dan mengevaluasi proses pelaksanaan tradisi buntut-buntut lawe di desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. 2) Memahami nilai-nilai pendidikan sosial dalam tradisi buntut-buntut lawe bagi masyarakat desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research di Desa Mijen degan subjek peneliti yaitu kyai kunci, modin desa Mijen, sekertaris desa Mijen, orang tua pengantin, dan penata rias pengantin. Pemerolehan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verification atau penarikan kesimpula. Sehingga penelitian ini menjadi lebih sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama Pelaksanaan tradisi buntut-buntut lawe diawali dengan proses mengelilingi sajen sebanyak tiga kali, pada saat prose upacara berjalan ibu berada di depan dan ayah akan membawa campuk, kemudian diikuti ibu yang memberikan kantung kepada anak-anak, terakhir pemecahan kendi berisi sepasang ikan lele. Kedua Nilai-nilai pendidikan IPS yang terkandung dalam tradisi buntut-buntut lawe di Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, sebagai sarana edukasi bagi masyarakat yang mencakup nilai budaya dengan senantiasa menjaga kelestarian kearifan lokal nilai kerukunan dan keadilan antar masyarakat, dan nilai ekonomi dalam simbol penyimpanan uang. Dengan adanya hal tersebut perlunya pengarahan dan pengedukasian masyarakat bahwa dalam pelaksanaan tradisi atau adat istiadat dialamnya terdapat makna dan nilai-nilai pembelajaran khususnya pada nilai-nilai pendidikan IPS. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya terkait tradisi buntut-buntut lawe yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan IPS sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat, sebab peneliti memahami bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tradisi Buntut-buntut Lawe, Nilai-Nilai Pendidikan IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Ilmu-Ilmu Sosial > Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:05
Last Modified: 12 Nov 2025 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14917

Actions (login required)

View Item View Item