Juhairoh, Vina (2024) Analisis Nilai-nilai Pendidikan IPS Dalam Tradisi Buntut-buntut Lawe Sebagai Sarana Edukasi Bagi Masyarakat Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (997kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (988kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi dan mengevaluasi proses pelaksanaan tradisi buntut-buntut lawe di desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. 2) Memahami nilai-nilai pendidikan sosial dalam tradisi buntut-buntut lawe bagi masyarakat desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research di Desa Mijen degan subjek peneliti yaitu kyai kunci, modin desa Mijen, sekertaris desa Mijen, orang tua pengantin, dan penata rias pengantin. Pemerolehan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verification atau penarikan kesimpula. Sehingga penelitian ini menjadi lebih sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama Pelaksanaan tradisi buntut-buntut lawe diawali dengan proses mengelilingi sajen sebanyak tiga kali, pada saat prose upacara berjalan ibu berada di depan dan ayah akan membawa campuk, kemudian diikuti ibu yang memberikan kantung kepada anak-anak, terakhir pemecahan kendi berisi sepasang ikan lele. Kedua Nilai-nilai pendidikan IPS yang terkandung dalam tradisi buntut-buntut lawe di Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, sebagai sarana edukasi bagi masyarakat yang mencakup nilai budaya dengan senantiasa menjaga kelestarian kearifan lokal nilai kerukunan dan keadilan antar masyarakat, dan nilai ekonomi dalam simbol penyimpanan uang. Dengan adanya hal tersebut perlunya pengarahan dan pengedukasian masyarakat bahwa dalam pelaksanaan tradisi atau adat istiadat dialamnya terdapat makna dan nilai-nilai pembelajaran khususnya pada nilai-nilai pendidikan IPS. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya terkait tradisi buntut-buntut lawe yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan IPS sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat, sebab peneliti memahami bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Tradisi Buntut-buntut Lawe, Nilai-Nilai Pendidikan IPS | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi) Ilmu-Ilmu Sosial > Pemberdayaan Masyarakat |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 03:05 | ||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 03:05 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
