Afriyanti, Iis (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SOCIAL PLANNING APPROACH (SPA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA “MAZRO’ATUL HUDA” WONORENGGO DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (320kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (531kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (669kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (433kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (628kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (400kB) |
|
Text
10. DAFTAR PSUTAKA.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Social Planning Approach (SPA) dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA “Mazro’atul Huda” Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2015/2016; 2) Faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Agama Islam Berbasis Social Planning Approach (SPA) dalam Meningkatkan kemampuan Afektif dan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA “Mazro’atul Huda” Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu, MA “Mazro’atul Huda” Wonorenggo Demak mengenai implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Social Planning Approach (SPA) kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni MA “Mazro’atul Huda” Wonorenggo Demak, sumber data diperoleh dari kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, dan Peserta Didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses pembelajaran Akidah Akhlak, dan penerapan Pendidikan Agama Islam Berbasis Social Planning Approach (SPA) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian ini sebagai berikut:1) Pembelajaran telah berjalan dengan baik, hal ini dapat terlihat dari perubahan kemampuan afektif yaitu siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran dan perubahan sikap siswa yang lebih baik lagi setelah mengikuti pelajaran. Dalam hal perubahan Psikomotorik siswa lebih banyak yang aktif dalam mempresentasikan/mengemukakan pendapatnya saat diskusi dengan teman-temanya ketika pelajaran berlangsung. Dalam penerapan Pendidikan Agama Islam Berbasis Social Planning Approach (SPA) menggunakan tiga strategi pembelajaran, yaitu strategi kontekstual, role playing dan partisipatif. 2) Faktor pendukung berasal dari siswa, siswa antusias dalam pembelajaran, semangat dan memiliki minat yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Pada saat pelajaran akidah akhlak adalah jam terakhir sehingga banyak siswa yang malas mengikuti pelajaran, Siswa meremehkan pelajaran, adanya siswa yang tidur ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI berbasis Social Planning Approach (SPA); kemampuan Afektif dan Psikomotorik siswa; Mata Pelajaran Akidah Akhlak. |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam Akhlak dan Tasawuf Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 05:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 05:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1493 |
Actions (login required)
View Item |