Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Aktif Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di MTs Al-Anwar Jepara

Alfiyatirrohmah, Itau (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Aktif Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di MTs Al-Anwar Jepara. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (797kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (804kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (708kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (788kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (937kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (487kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia masih memiliki permasalahan pada sistem pendidikan maupun pembelajarannya metode pembelajaran yang diterapkan pada proses kegiatan belajar masih belum bervariasi sehingga memicu kurangnya rasa semangat pada siswa dalam proses belajar, sehingga pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran adalah diperlukannya strategi pembelajaran yang dapat mendukung situasi pembelajaran, agar pembelajaran IPS lebih menarik, mudah untuk dimengerti dan proses belajarnya pun menyenangkan. Oleh karena itu, seorang pengajar harus mengupayakan sebuah inovasi terhadap proses pembelajaran agar siswa tidak mengenal rasa bosan dan dapat menerima materi dengan baik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan strategi belajar aktif Crossword Puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Al-Anwar Sendang Mantingan Jepara. Jenis penelitian eksperimen ini adalah bagian dari pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain atau pendekatan penelitian ini merupakan penelitian pre- designs eksperimental jenis One-Group Pretes-Posttest Design. Hasil penelitian menyampakan bahwa analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa strategi belajar aktif menggunakan crossword puzzle memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini menegaskan bahwa strategi belajar aktif crossword puzzle memiliki kontribusi yang besar terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa, meskipun faktor-faktor lain juga berperan. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penerapan strategi belajar aktif seperti crossword puzzle merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Temuan ini sangat relevan bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang mencari metode pengajaran inovatif untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa, terutama dalam konteks mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Strategi belajar, Crossword puzzle. Pelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2025 07:07
Last Modified: 19 Nov 2025 07:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14951

Actions (login required)

View Item View Item