Ilyana, Fina (2024) Peran Pembimbing Sosial Dengan Terapi Bermain Dalam Membentuk Konsentrasi Belajar Anak Di Pondok Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
04.BAB I.pdf Download (647kB) |
|
|
Text
05.BAB II.pdf Download (741kB) |
|
|
Text
06.BAB III.pdf Download (454kB) |
|
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (757kB) |
|
|
Text
08.BAB V.pdf Download (359kB) |
|
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana Peran Pembimbing Sosial Dengan Terapi Bermain Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Di Pondok Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif yang diperoleh dari hasil wawancara dilapangan oleh peneliti. Dari sumber data primer yang diperoleh peneliti dari hasil wawancara dengan staf pondok yaitu dari pembimbing sosial, guru SDLB dan tutor. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan yang digunakan adalah metode deskriptif yang meneliti sekumpulan manusia, sebuah objek, sebuah kondisi, sebuah sistem pemikiran, maupun sebuah peristiwa yang terjadi di zaman sekarang, penelitian mendeskripsikan tentang analisis langsung terkait peran pembimbing sosial dengan terapi bermain dalam membentuk konsentrasi belajar anak berkebutuhan khusus di pondok Al-Achsaniyah pedawang bae kudus. Hasil dari penelitian ini menunjukan tentang peran pembimbing dengan terapi bermain dalam konsentrasi belajar ABK, dalam menangani masalah konsentrasi ABK konsentrasi belajar dan terapi pada anak, tahapan yang diterapkan dalam terapi bermain yaitu dengan cara permainan-permainan yang bisa memfokuskan konsentrasi mereka agar menarik dilihat. Bentuk penyesuaian dari konsentrasi anak saat belajar itu sangat susah maka dari sistem pondok tersebut menerapkan one on one guru yang memang sudah di siapkan ruangan khusus yang tidak terlalu besar agar tidak mengganggu konsentrasi anak saat belajar dan bisa fokus pada apa yang telah diajarkan. Karena konsentrasi anak saat belajar itu harus dalam suasana yang tidak berisik karena pada dasarnya mereka berbeda, jika ada sesuatu yang mengganggu mereka makan akan teralih fokusnya. Konsentrasi belajar yaitu pemusatan perhatian pada suatu kegiatan sebagai kunci utama untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan dan meningkatkan salah satu konsentrasi belajar suatu gerakan yang timbul dari dalam diri untuk menuju pada pemusatan perhatian sehingga dapat mencapai tujuan pelajaran yang telah ditentukan yang melibatkan fisik mental dan emosional. terapi bermain adalah terapi yang menggunakan alat-alat permainan dalam situasi yang sudah dipersiapkan untuk membantu anak-anak mengekspresikan perasaan baik senang sedih marah dendam tertekan atau emosi yang lainnya itu salah satu bisa membantu kesulitan anak dalam memahami teman-temannya atau lingkungan sekitarnya karena berbeda pada anak normal pada umumnya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pembimbing Sosial,Terapi Bermain, Konsentrasi Belajar, ABK | ||||||
| Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 08:07 | ||||||
| Last Modified: | 19 Nov 2025 08:07 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
