Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN 2 Kudus

Sari, Nurul Intania (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (331kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Kudus; dan 2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2. Metode penelitian yang yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penggalian data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini, yaitu Wakil Kepala (Waka) Kurikulum, pendidik pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak, dan peserta didik. Teknik analisis data digunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Kudus melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, asesmen atau penilaian, dan gelar karya P5RA. 2) terdapat dua faktor yang memengaruhi implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Kudus, yaitu a) faktor pendukung, meliputi: diselenggarakannya sosialisasi terkait IKM, pendidik yang kompeten dibidangnya, pemanfaatan teknologi, partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, dan sarana prasarana yang memadai; b) faktor penghambat, meliputi: waktu dalam kesiapan dan pemahaman oleh pendidik terkait IKM serta banyaknya administrasi yang harus diselesaikan oleh pendidik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Nilai-Nilai Karater, Akidah Akhlak
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2025 08:14
Last Modified: 19 Nov 2025 08:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14958

Actions (login required)

View Item View Item