Manajemen Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Religiusitas Warga Sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus

‘Amalia, Fida (2024) Manajemen Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Religiusitas Warga Sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) menganalisis manajemen pendidikan karakter warga sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus; 2) menganalisis upaya peningkatan manajemen pendidikan karakter untuk menumbuhkan religiusitas warga sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus; dan 3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pendidikan karakter untuk menumbuhkan religiusitas warga sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus. Metode penelitian yang yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penggalian data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala (Waka) Kurikulum, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan, pendidik pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan peserta didik. Teknik analisis data digunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) manajemen pendidikan karakter untuk menumbuhkan religiusitas warga sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 2) upaya peningkatan manajemen pendidikan karakter untuk menumbuhkan religiusitas warga sekolah di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus dengan melalui nilai-nilai karakter religius yaitu melalui budaya sekolah dan pembiasaan. 3) terdapat dua faktor yang memengaruhi manajemen pendidikan karakter untuk menumbuhkan religiusitas warga sekolah di SD NU Mafatihul Ulum, yaitu a) faktor pendukung, meliputi: perencanaan yang matang, pengorganisasian yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab, pelaksanaan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, dan pengawasan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab; b) faktor penghambat, meliputi: Stakeholder yang terkadang memiliki perbedaan pendapat sehingga memengaruhi komunikasi untuk menjalin kerjasama, peserta didik yang memiliki berbagai macam karakter yang membuat masih ada saja siswa yang malas dan membolos mengikuti kegiatan di sekolah, dan lingkungan di luar sekolah yang sudah bukan lagi tanggung jawab seorang guru sehingga berdampak pada karakter siswa; c) upaya mengatasi faktor penghambat, kerjasama dan dukungan dari pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dan seluruh warga sekolah di sekolah secara optimal, kerjasama antar stakeholder dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah, dan melakukan briefing (pengarahan) kepada guru mengenai pendidikan karakter di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter, Religiusitas
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:30
Last Modified: 20 Nov 2025 08:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item