PELAKSANAAN PENILAIAN PERFORMANCE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD 1 HONGGOSOCO KECAMATAM JEKULO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muwakhidah, Melani (2016) PELAKSANAAN PENILAIAN PERFORMANCE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD 1 HONGGOSOCO KECAMATAM JEKULO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.abstrak.pdf

Download (431kB)
[img] Text
3.daftar isi.pdf

Download (434kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (607kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (435kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam di SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa di SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaan 2016/2017. 3) Untuk menguraikan kendala dalam pelaksanaan penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa di SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaan 2016/2017. Sekripsi ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui interview (wawancara) terhadap instalasi terkait (SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus) tentang pelaksanaan penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, kemudian observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti masuk objek penelitian yakni SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus, yang menjadi actor yakni guru mata pelajaran PAI dan peserta didik kelas IV, dan actifity yakni suasana pelaksanaan penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Data yang terkumpul dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan data tentang objek penelitian tersebut. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam di SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017 adalah sesuai dengan tujuan sekolah pembelajaran menggunakan model PAKEM yaitu model pembelajaran yang bersifat partisipatif, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, model pembembelajaran PAKEM rmerupakan hal yang penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pelaksanaanya juga sudah cukup baik karena didukung dengan adanya persiapan guru sebelum mengajar dengan membuat RPP, 2) Pelaksanaan penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa di SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaan 2016/2017 adalah Penilaian yang mencakup kerjasama dan partisipasi siswa dalam pembelajaran yang sedang berlangsung hingga selesai. penilaian performance berkaitan dengan sikap siswa dalam pembelajaran. 3) kendala dalam pelaksanaan penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa di SD 1 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaan 2016/2017 adalah a) Ada beberapa anak yang belum bisa membaca tulisan Arab dengan baik. b) Beberapa siswa yang bersikap hiperaktif. c)Adanya siswa yang mempunyai IQ yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian performance dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 07:19
Last Modified: 03 Dec 2016 07:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item