STUDI ANALISIS TENTANG IMPLEMENTASI MENULIS ARAB PEGON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKHLAQ DI MADRASAH DINIYYAH MUHAMMADIYAH BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016M / 1436/1437H

Hidayatullah, Maulana Syarif (2016) STUDI ANALISIS TENTANG IMPLEMENTASI MENULIS ARAB PEGON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKHLAQ DI MADRASAH DINIYYAH MUHAMMADIYAH BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016M / 1436/1437H. Undergraduate thesis, STAIN kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (252kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (725kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] Text
10. RIWAYAT PENDIDIKAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan 1) Bagaimana penggunaan tulisan Arab pegon sebagai media pembelajaran mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016M / 1436/1437H? 2) Bagaimana pembelajaran mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016M / 1436/1437H? 3) Bagaimana implementasi menulis arab pegon sebagai media pembelajaran mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016M / 1436/1437H? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan tulisan Arab Pegon dalam mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus 2) Untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi menulis Arab Pegon pada mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode, wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, ustadzah dan santri) yang berhubungan dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penggunaan tulisan arab pegon sebagai media pembelajaran mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016M / 1436/1437H yaitu guru melaksanakan kegiatan pembelajaran pelajaran Akhlaq menggunakan kitab Ngudi Susila yang ditulis Kiai Haji Bisri Mustofa Rembang dengan menggunakan arab pegon. 2) Proses pembelajaran pada mata pelajaran Akhlaq menggunakan arab pegon di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016M / 1436/1437H yaitu guru melaksanakan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tiga tahapan ini guru lakukan dengan mempersiapkan materi pelajaran Akhlaq kemudian guru menuliskan materi pelajaran dengan menggunakan arab pegon serta melakukan imla’ (mendikte) para siswa ketika pada tahap evaluasi. 3) Implementasi menulis arab pegon sebagai media pembelajaran mata pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016M / 1436/1437H dapat dikatakan efektif, karena implementasi menulis arab pegon ini dilakukan oleh ustadzah secara sungguh – sungguh dan bervariasi sehingga para santri benar – benar bisa menulis Arab pegon dengan baik dan rapi serta para santri merasa nyaman, mengetahui dan memahami materi pelajaran Akhlaq yang kemudian secara bertahap membentuk akhlaq para siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Tulisan Arab Pegon; Pembelajaran Akhlaq; Implementasi Menulis Arab Pegon
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 07:48
Last Modified: 03 Dec 2016 07:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item