Ma'rifah, Izzatul (2017) PENERAPAN STRUCTURED PAIRS LEARNING METHODS (SPLM) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HUDA MEDINI GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (971kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (866kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (927kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (869kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (879kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Alasan diterapkannya metode struktured pairs learning (SPLM) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak, 2) Penerapan struktured pairs learning methods (SPLM) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak, 3) Hasil evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak setelah penerapan Metode Structured Pairs Learning di MTs Nurul Huda Medini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alasan penerapan metode structured pairs learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak yaitu berdasarkan hasil pemikiran dari ibu Sri Muanisah yang menyatakan bahwa: “di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda ini telah menggunakan kurikulum 2013 yang mengharuskan peserta didiknya berpikir secara saintifik maka pendekatan pembelajarannya menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik (student oriented approach). Karena titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. 2) Penerapan metode structured pairs learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak berdasarkan dari teori Brian W. Hogwood dan Lewis A. Gunn yang menawarkan model untuk melakukan implementasi kebijakan yang sesuai dengan MTs Nurul Huda itu ada 6 yaitu pertama, jaminan bahwa lembaga pelaksana sumber yang diperlukan benar-benar memadai, kedua, dalam pelaksanaan program tersedia waktu dan sumber daya yang cukup memadai, ketiga, perpaduan sumber-sumber yang diperlukan benar-benar memadai, keempat, kebijakan yang akan diimplementasikan didasari oleh suatu hubungan kausalitas yang handal, kelima, hubungan kausalitas bersifat langsung dan hanya sedikit mata rantai penghubungnya, dan keenam, hubungan saling ketergantungan harus kecil. 3) Hasil evaluasi pembelajaran akidah akhlak setelah penerapan metode structured pairs learning adalah bahwa penggunaan metode structured pairs learning tidak setiap hari di terapkan dalam pembelajaran akidah akhlak, tetapi disesuaikan dengan tema atau materi yang disampaikan. Dan untuk mengetahui hasil penerapan metode structured pairs learning dapat di ketahui tingkat keberhasilannya dengan cara melihat hasil ulangan harian siswa yang cukup baik dengan nilai rata-rata diatas 75. Dan dari 31 peserta didik 85% sudah bisa menyerap materi akidah akhlak yang telah disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Structured Pairs Learning Methods (SPLM; Akidah Akhlak |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 03:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 03:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1676 |
Actions (login required)
View Item |