ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PERILAKU SISWA MELALUI STRATEGI MPT (MEMPENGARUHI PERILAKU MELALUI TINDAKAN) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MTS. MANSYAUL ULUM SUKOHARJO WEDARIJAKSA PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Afadlila, Nur Rahmatika (2017) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PERILAKU SISWA MELALUI STRATEGI MPT (MEMPENGARUHI PERILAKU MELALUI TINDAKAN) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MTS. MANSYAUL ULUM SUKOHARJO WEDARIJAKSA PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover, Nota Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Skripsi,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (336kB)
[img] Text
3. Daftar Isi, Daftatr Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (304kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (802kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (694kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan manajemen perilaku siswa melalui strategi MPT (Mempengaruhi Perilaku melalui Tindakan) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs. Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati tahun pelajaran 2016/2017. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen perilaku siswa melalui strategi MPT (Mempengaruhi Perilaku melalui Tindakan) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs. Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati tahun pelajaran 2016/2017. (3) Hasil pelaksanaan manajemen perilaku siswa melalui strategi MPT (Mempengaruhi Perilaku melalui Tindakan) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs. Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati tahun pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di MTs. Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan manajemen perilaku siswa melalui strategi MPT dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits adalah dengan melibatkan seluruh potensi siswa agar situasi dan kondisi siswa di dalam kelas tetap kondusif, aktif, dan menyenangkan. Keterampilan yang dimiliki guru yaitu a) memberikan perhatian terhadap siswa secara menyeluruh, b) melibatkan seluruh siswa. Adapun tindakan mempengaruhi perilaku yang dilakukan guru antara lain: a) mengkondisikan pembelajaran secara menyenangkan, b) berusaha adil kepada siswa, c) mengantisipasi perilaku siswa yang mengganggu, d) mengantisipasi kebiasaan siswa yang kurang fokus terhadap pembelajaran, e) mampu membaca dan merespon kondisi siswa, f) menggunakan metode yang variatif, g) menggunakan humor dan cerita-serita. (2) Faktor yang mempengaruhi antara lain a) faktor pendidik (guru), b) derasnya westernisasi, c) perkembangan media sosial yang semakin pesat, d) latar belakang siswa, e) motivasi belajar, f) faktor situasi dan kondisi. (3) Hasil pelaksanaan manajemen perilaku siswa melalui strategi MPT dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits tahun pelajaran 2016/2017 kurang lebih sekitar 90 %. Partisipasi belajar yang ditampilkan siswa meliputi mau memperhatikan, mengikuti instruksi guru, aktif berdiskusi, bersikap sopan, dan santun kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perilaku Siswa; Strategi MPT; Partisipasi Belajar Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:05
Last Modified: 02 Oct 2017 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item