IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN TUTORIAL DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS DENGAN JUMLAH SISWA YANG MELEBIHI STANDAR DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS DI MTS NU HASYIM ASY`ARI 2 KUDUS)

Ridwan, Ridwan (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN TUTORIAL DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS DENGAN JUMLAH SISWA YANG MELEBIHI STANDAR DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS DI MTS NU HASYIM ASY`ARI 2 KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN kudus.

[img] Text
1. COVER dkk.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi dkk.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi teknik pembelajaran tutorial dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di kelas dengan jumlah siswa yang melebihi standar dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat teknik pembelajaran tutorial dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di kelas dengan jumlah siswa yang melebihi standar dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, meliputi wawancara dengan kepala madrasah, guru mata pelajaran PAI, siswa kelas VII B dan VIII A dan observasi lokasi penelitian dan kegiatan belajar mengajar di kelas VII B dan VIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran tutorial dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus sudah dikatakan cukup baik. Dengan adanya teknik pembelajaran tutorial, siswa dapat mandiri dalam belajar, dapat menjadikan siswa lebih kreatif dalam mencari bahan ajar sendiri, tidak bergantung kepada orang lain, dan percaya diri atas kemampuan yang dimiliki, bekerjasama antara teman yang satu dengan yang teman yang lainnya serta mendapatkan nilai yang memuaskan. Faktor yang mendukung dan menghambat penerapan teknik pembelajaran tutorial dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di kelas dengan jumlah siswa yang melebihi standar dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus, faktor yang mendukung yaitu guru, siswa , Adanya Sumber Belajar Mata Pelajaran PAI, pengelolaan kelas. Sedangkan faktor yang menghambat dalam pelaksanaan teknik pembelajaran tutorial latar belakang siswa yang berbeda, sarana dan prasarana yang kurang memadai, suasana yang kurang kondusif, pengelolaan kelas yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tutorial; Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 08:18
Last Modified: 03 Dec 2016 08:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item