PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJRAN BERBASIS DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Badiul Anis, Mohammad (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJRAN BERBASIS DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV REVISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Penerapan Strategi pembelajaran berbasis Deep Dialogue Critical Thinking pada mata Pelajaran Fiqih di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Strategi pembelajaran berbasis Deep Dialogue Critical Thinking pada mata Pelajaran Fiqih di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Sekripsi ini termasuk penelitiankualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui interview (wawancara) terhadap instalasi terkait “MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus” tentang penerapan strategi pembelajaran berbasis Deep Dialogue Critical Thinking pada mata Pelajaran Fiqih, kemudian observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti masuk objek penelitian yakni MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus, yang menjadi actor yakni guru mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas XI, dan actifity yakni suasana pelaksanaanpenerapan strategi pembelajaran berbasis Deep Dialogue Critical Thinking pada mata Pelajaran Fiqih. Data yang terkumpul dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan data tentang objek penelitian tersebut. Hasil penelitian ini sebagai berikut, Pertama: Pelaksanaan Penerapan Model DeepDialogueCriticalThinking (DDCT) pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudustahun 2016, meliputi beberapa tahap: a. Kegiatan pendahuluan: 1) Hening; 2) Apersepsi. b. Kegiatan inti: 1) Membangun komunitas (eksplorasi); 2) Penemuan konsep dan cooperatif learning (elaborasi); 3) Feed back, reinforcement (konfirmasi). b. Kegiatan penutup: 1) Evaluasi; 2) Refleksi. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik yang mengampu mata pelajaran Fiqihkelas XI di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus sudah sesuai dengan teori penerapan Model deep dialogue critical thinking, dan melakukan pengembangan dalam prosesnya. Kedua:Faktor pendukung dan penghambat penerapan model deepdialoguecriticalthinking (DDCT) pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun 2016 meliputi: Faktor Pendukung: 1) Segi sarana prasarana yang memadai; 2) Segi pendidik yang berkompeten dibidang kelimuannya; 3) Segi mata pelajaran lain yang mendukung; 4) Segi prestasi peserta didik atau para alumni sebagai stimulasi dan motivasi untuk terus berprestasi. Sedangkan Faktor Penghambat; 1) Segi peserta didik yang malas, pasif dan mengalami kesulitan belajar; 2) Segi alokasi waktu yang terbatas; 3) Segi tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Model deep dialogue critical thinking (DDCT); Kajian Fiqih
Subjects: Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 08:57
Last Modified: 03 Dec 2016 08:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item