STUDI KOMPARATIF SISWA DENGAN KEPRIBADIAN SANGUINIS DAN KOLERIS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KHOIRIANI, YENI MARWIYATUL (2016) STUDI KOMPARATIF SISWA DENGAN KEPRIBADIAN SANGUINIS DAN KOLERIS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar siswa dengan kepribadian sanguinis dan koleris pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Purwogonodo . Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perilaku belajar siswa dengan kepribadian Sanguinis pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui perilaku belajar siswa dengan kepribadian Koleris pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui perbedaan perilaku belajar siswa dengan kepribadian Sanguinis dan Koleris pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Darul Ulum Purwogondo tahun pelajaran 2015/2016.yang berjumlah 254 Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang peneliti ambil yaitu 102 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku belajar siswa kepribadian sanguinis dikategorikan sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 89,89 yang termasuk dalam interval 86 – 104 yang berkategori sangat baik. 2) Perilaku belajar siswa kepribadian korelis dikategorikan sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 87,52 yang termasuk dalam interval 86 – 104 yang berkategori sangat baik. 3) Terdapat perbedaan perilaku belajar antara siswa dengan kepribadian sanguinis dan korelis. Terlihat dari nilai t hitung sebesar 2,303 yang lebih besar dibandingkan t tabel 1,990, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan perilaku belajar antara siswa dengan kepribadian sanguinis dan siswa dengan kepribadian korelis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sanguinis; Koleris; Perilaku Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 03:39
Last Modified: 04 Dec 2016 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item