TSANI, TANAL FADHOL (2017) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN METODE TOPICAL REVIEW DAN LEARNING JOURNALS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS. NURUL ULUM WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstraksi.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat secara nyata proses pelaksanaan metode topical review dan learning journals untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi pelaksanaan metode topical review untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara (2) Bagaimana implementasi pelaksanaan metode learning journals untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara. (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pelaksanaan metodeTopical Reviewand Learning Journals dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaranSKI di MTs.NurulUlumWelahanJepara. Penelitian ini merupakan penelitian case study dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metodeo bservasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara. Hasil penelitian dapat diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan metode topical reviewand learning journals di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara ini merupakan metode belajar yang dilaksanakan pada mata pelajaran SKI. Metode ini merupakan strategi yang menantang peserta didik untuk mengingat kembali dan merefleksikanya dalam sebuah tulisan yaitu learning journals. Kedua, Implementasi pelaksanaan metode topical reviewandlearning journalsmeliputi perencanaan, proses pelaksanaan, materi, metode, fasilitas dan evaluasi. Pelaksanaan metode topical review dilaksanakan setiap ada mata pelajaran SKI1 kali dalam seminggu yang dimulaisesuai jam pelajaran SKI. Sedangkan prosesnya meliputi : membentuk kelompok diskusi, penyampaian materi, mengingat kembali topik yang sudah diajarkan. Dan membuat jurnal belajar dimana siswa dituntuk untuk mereflesikan ke dalam sebuah tulisan. Dalam proses pembelajaran SKI kelasVIII di MTs Nurul Ulum WelahanJepara berjalan efektif, karena tujuan yang diharapkan sebanding dengan hasil yang diperoleh. Terbukti siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran SKI danmembuat jurnal belajar sesuai target yaiturajin belajar dan membuat jurnal belajar. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode topical reviewandlearning journalsuntuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajarn SKI kelas VIII di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu: pendukung dan penghambat. Faktor-faktor pendukung seperti, minat siswa yang tinggi, lingkungan sekitar yang nyaman dan kondusif, serta fasilitas yang memadai. Sedangkan factor penghambat meliputi, berkurangnya konsentrasi dan focus siswa, kurang bias mengelola waktu sehingga timbul rasa malas dan bosan pada siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Topical Review And Learning Journals; Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 May 2018 01:55 |
Last Modified: | 02 May 2018 01:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2113 |
Actions (login required)
View Item |