LATHIF, MUHAMMAR ROKHISHUL (2018) MANAJEMEN LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB (Studi Kasus di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2017/2018). Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (585kB) |
|
Text
2. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Transliterasi.pdf Download (257kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (486kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (230kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (555kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengetahui manajemen lingkungan berbahasa Arab di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus. Dengan adanya manajemen akan merubah hal yang lebih sistematis dan terarah. Tujuan tersebut meliputi: 1) menganalisis manajemen lingkungan bahasa Arab di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun ajaran 2017/2018. 2) menganalisis hambatan dan solusi manajemen lingkunganbahasa Arab di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus dengan subjek adalah guru, pembina pondok, qismu lughoh, dan siswa. Dan yang menjadi informan adalah guru, pembina pondok, qismulughoh, siswa, dan ketua OSMYQ. Penelitian ini dilakukan mulai bulanAgustus sampai bulan September. Sumber data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian manajemen pembelajaran bahasa Arab ini diperoleh bahwa 1) fungsi perencanaan meliputi; membuat jadwal harian, membuat program kerja meliputi program kerja harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, serta melakukan penilaian dan sumber belajar. 2) fungsi pengorganisasian yaitu mendesain pembelajaran menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan para siswa dan metode yang digunakan bermacam-macam sesuai dengan materi. 3) fungsi pengarahan meliputi; implementasi kurikulum dengan langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab (percakapan, membaca, menulis, dan struktur kalimat), pengarahan dalam proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan suasana yang kondusif, evaluasi pembelajaran bahasa Arab, dilakukan dengan dua tahapan yaitu: evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. 4) fungsi pengawasan dengan cara melihat hasil kerja guru, hasil didikannya, penerapan strategi pembelajaran, prestasi belajar yang dicapai siswa, dan mengamati tingkah laku siswa. 5) Hambatan-hambatan meliputi: fasilitas yang disediakan di pondok kurang memadai, sebagian siswa berasal dari SD Negeri dan bukan dari pondok pesantren, dan padatnya kegiatan membuat siswa merasa jenuh. 6) Solusi-solusi meliputi minimnya fasilitas di pondok tidak mengurangi pelaksanaan pembelajaran, setiap siswa yang berasal dari SD Negeri diberi bimbingan khusus, serta dengan padatnya kegiatan para dewan asatidz memberikan pelajaran dengan cara bukan formal melainkan secara kekeluargaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Lingkungan Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Bahasa (Ketrampilan Berkomunikasi) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 02:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2164 |
Actions (login required)
View Item |