Anisa, Diah (2018) PENGARUH KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI QUR'AN HADIS DI MTS NU AL FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (510kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (373kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (267kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (412kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (201kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi verbal dan komunikasi non verbal guru bidang studi Qur’an Hadis dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa bidang studi Qur’an Hadis di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi verbal dan non verbal guru terhadap prestasi belajar siswa bidang studi qur’an Hadis di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi verbal di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus dalam kategori cukup, hal tersebut didasarkan atas hasil jawaban angket yang telah disebarkan oleh peneliti, yaitu sebesar 3,3806 (interval 2,83 – 3,55 yang dapat dilihat dengan guru menyampaikan materi pelajaran secara lisan didepan kelas. Komunikasi non verbal guru bidang studi Qur’an Hadis di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus dalam kategori cukup, hal tersebut didasarkan atas observasi dan hasil jawaban angket yang telah disebarkan oleh peneliti, yaitu sebesar 3,3815 (interval 2,95 – 3,62 yang dapat dilihat dengan saat menjelaskan materi pelajaran, guru sering melakukan gestur wajah yang menyenangkan. Prestasi belajar siswa bidang studi Qur’an Hadis di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus dalam kategori cukup, hal tersebut didasarkan atas hasil jawaban angket yang telah disebarkan oleh peneliti, yaitu sebesar 80,1642 (interval 76,25 – 82,4 yang dapat dilihat dengan siswa mampu menerapkan kaidah ilmu tajwid dalam bacaan Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi verbal dan non verbal guru terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Qur’an Hadis di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus, berdasarkan pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,621 atau 62,1%, artinya guru sering memberikan tanda pintar atau jempol kepada siswa yang berani maju ke depan kelas terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yang bisa dilihat dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Verbal; Non Verbal Guru; Prestasi Belajar Siswa, Qur’an Hadis. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 02:41 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 02:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2213 |
Actions (login required)
View Item |