Nikmah, Ainun (2018) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Sifat-Sifat Rasulullah SAW (Studi Kasus di SMP Al-Ishom Mayong) Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (511kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (313kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (306kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (215kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (377kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik melalui Sifat-Sifat Rasulullah SAW (Studi Kasus di SMP Al-Ishom Mayong) tahun pelajaran 2017/2018. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW?; (2) Apa saja hambatan yang dihadapi guru akidah akhlak dalam upaya membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW?. Maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW; (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru akidah akhlak dalam upaya membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW di SMP Al-Ishom Mayong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Al-Ishom Mayong. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan peserta didik kelas IX-B. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW di SMP Al-Ishom Mayong yaitu: a) mendidik dengan cara memberi contoh tauladan yang baik; b) memberi nasihat kepada peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih baik; c) memberikan reward dan punishment kepada peserta didik guna memotivasi agar selalu melakukan kebaikan dan tidak melakukan kesalahan; d) menerapkan kebudayaan religius di sekolah agar peserta didik terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari; e) mengembangkan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler guna menjadikan peserta didik yang terampil dan kreatif. Hambatan yang dihadapi guru akhlak dalam upaya membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW di SMP Al-Ishom Mayong, yaitu: a) lingkungan keluarga yang bermasalah; b) lingkungan masyarakat yang buruk; c) merebaknya teknologi informasi yang disalah gunakan. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain: a) meningkatkan hubungan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah; b) orang tua dan pihak sekolah perlu mengawasi pergaulan anak di lingkungan sekitar; c) pihak sekolah perlu mengawasi dan melarang anak membawa gadget ke dalam lingkungan sekolah, serta orang tua perlu mengawasi dan membatasi anak bermain gadget di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Akidah Akhlak; Karakter Peserta Didik; Sifat-Sifat Rasulullah |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 03:00 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2225 |
Actions (login required)
View Item |