Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Sifat-Sifat Rasulullah SAW (Studi Kasus di SMP Al-Ishom Mayong) Tahun Pelajaran 2017/2018

Nikmah, Ainun (2018) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Sifat-Sifat Rasulullah SAW (Studi Kasus di SMP Al-Ishom Mayong) Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (511kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik melalui Sifat-Sifat Rasulullah SAW (Studi Kasus di SMP Al-Ishom Mayong) tahun pelajaran 2017/2018. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW?; (2) Apa saja hambatan yang dihadapi guru akidah akhlak dalam upaya membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW?. Maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW; (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru akidah akhlak dalam upaya membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW di SMP Al-Ishom Mayong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Al-Ishom Mayong. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan peserta didik kelas IX-B. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW di SMP Al-Ishom Mayong yaitu: a) mendidik dengan cara memberi contoh tauladan yang baik; b) memberi nasihat kepada peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih baik; c) memberikan reward dan punishment kepada peserta didik guna memotivasi agar selalu melakukan kebaikan dan tidak melakukan kesalahan; d) menerapkan kebudayaan religius di sekolah agar peserta didik terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari; e) mengembangkan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler guna menjadikan peserta didik yang terampil dan kreatif. Hambatan yang dihadapi guru akhlak dalam upaya membentuk karakter peserta didik melalui sifat-sifat Rasulullah SAW di SMP Al-Ishom Mayong, yaitu: a) lingkungan keluarga yang bermasalah; b) lingkungan masyarakat yang buruk; c) merebaknya teknologi informasi yang disalah gunakan. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain: a) meningkatkan hubungan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah; b) orang tua dan pihak sekolah perlu mengawasi pergaulan anak di lingkungan sekitar; c) pihak sekolah perlu mengawasi dan melarang anak membawa gadget ke dalam lingkungan sekolah, serta orang tua perlu mengawasi dan membatasi anak bermain gadget di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Akidah Akhlak; Karakter Peserta Didik; Sifat-Sifat Rasulullah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:00
Last Modified: 26 Mar 2019 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item