POLA KERJASAMA GURU PAI DAN BK DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB (STUDI KASUS DI MTS NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

NIKMAH, Yusrotun (2018) POLA KERJASAMA GURU PAI DAN BK DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB (STUDI KASUS DI MTS NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (564kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menangani pelanggaran tata tertib siswa, pola kerjasama guru PAI dan BK dalam menangani pelanggaran tata tertib siswa, dan faktor penghambat dan pendukung dalam menangani pelanggaran tata tertib siswa di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling) yang terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah 1. Strategi menangani pelanggaran tata tertib siswa di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus meliputi dua langkah, yaitu langkah preventif (pencegahan) dan kuratif (menyembuhkan/memperbaiki) 2. Pola/Bentuk kerjasama guru PAI dan BK ada dua yaitu bentuk formal dan bentuk edukatif. Pertama, Bentuk formal yaitu Guru PAI melakukan komunikasi secara langsung dengan guru BK dan memberikan informasi keadaan siswa yang memiliki pelanggaran tata tertib. Kedua, bentuk edukatif yaitu kerjasama dalam mendidik siswa, seperti guru PAI membimbing/menasehati siswa yang melakukan pelanggaran dan guru BK membimbing di sekolah dan antara guru PAI dan guru BK saling bertukar pikiran, saling berdiskusi serta mengeluarkan ide-ide untuk mengatasi siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. 3. Faktor penghambat dan pendukung dalam menangani pelanggaran tata tertib siswa di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus bersumber dari faktor lingkungan dan adanya kekompakan tim di sekolah untuk menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Kerjasama; Guru PAI dan BK; Pelanggaran Tata Tertib
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 07:05
Last Modified: 26 Mar 2019 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item