PENGARUH SELERA KONSUMEN DAN LINGKUNGAN SOSIAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONVEKSI “JINI COLLECTION”)

EMAWATI, LUSIANA (2018) PENGARUH SELERA KONSUMEN DAN LINGKUNGAN SOSIAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONVEKSI “JINI COLLECTION”). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (471kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Pengambilan keputusan konsumen merupakan suatu proses pengintegrasian yang mengombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternative, dan memilih salah satu diantaranya. Hasil dari proses pegintegrasian ini ialah suatu pilihan, yang disajikan secara kognitif sebagai keinginan berperilaku. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Setiap konsumen tentunya memiliki faktor-faktor tersendiri dalam mengambil keputusan, salah satunya adalah faktor selera konsumen dan lingkungan sosial konsumen yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Selera Konsumen dan Lingkungan Sosial Konsumen terhadap Keputusan Pembelian studi kasus pada konveksi Jini Collection desa Asempapan kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field resech dan menggunakan cluster sampling. Sumber data primer melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen konveksi Jini Collection sejumlah 96 responden dan data sekunder diambil dari dokumentasi dari konveksi Jini Collection. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan regresi berganda. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah pertama, terdapat pengaruh Selera Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Konveksi Jini Collection. Hal ini terlihat dari nilai t hitung lebih besar jika dibandingakan dengan nilai t tabel (8,212 >1,986), dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0.05). Kedua, terdapat pengaruh Lingkungan Sosial Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Konveksi Jini Collection. Hal ini terlihat dari nilai t hitung lebih besar jika dibandingakn dengan nilai t tabel (2,231 >1,986), dengan tingkat signifikan sebesar 0,028 yang berarti nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0.028 < 0.05). Ketiga, Selera Konsumen dan Lingkungan Sosial Konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Konveksi Jini Collection. Hal ini terlihat dari F hitung sebesar 37,718 dengan tingkat signifikasi menggunakan 0,05. Karena F hitung > F tabel (37,718 >3,09). Hasil koefisien determinasi dapat diketahui bahwa besarnya Adjusted R Square sebesar 0,436 atau 43,6%. Ini artinya sumbangan pengaruh variabel independen Selera Konsumen dan Lingkungan Sosial Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Konveksi Jini Collection adalah sebesar 43,6% sedangakn sisanya 56,4% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Selera Konsumen; Lingkungan Sosial Konsumen; Keputusan Pembelian
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2019 06:22
Last Modified: 27 Mar 2019 06:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item