IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DAN BUDI PEKERTI KELAS VII KURIKULUM 2013 DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG

Hidayat, Muhamad Arif (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DAN BUDI PEKERTI KELAS VII KURIKULUM 2013 DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (595kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (255kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi supervisi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti kurikulum 2013 kelas tujuh di SMP IT Asshodiqiyah Semarang ; 2) Hambatan implementasi supervisi ; 3) Solusi dari hambatan implementasi supervisi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 kelas tujuh. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik non probabillity sampling, penentuannya menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri empat orang yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan karyawan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Supervisi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, kepala sekolah sangat berperan karena yang mengendalikan lembaga tersebut; 2) Implementasi supervisi mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti menggunakan model artistik dan klinis dengan pendekatan kolaboratif, menggunakan teknik individual dan kunjungan kelas; 3) Permasalahan dalam supervisi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti kurikulum 2013 adalah : (a) Guru pendidikan agama Islam (PAI) tidak linier dengan mata pelajaran ;(b) Kurangnya pemahaman tentang penilaian supervisi yang mengacu pada kurikulum tahun 2013 ; (c) Masih menggunakan model supervisi konvensional yang bersifat instruktif, dan administratif ; d) Belum adanya perubahan mindset guru dalam mengajar. Solusi untuk kendala tersebut adalah ; (a) Penambahan guru PAI dan budi pekerti yang linier dengan jurusannya ; (b) Mengadakan atau mengirimkan guru PAI untuk pelatihan kurikulum 2013 ; (c) Para supervisor harus mengubah model supervisi dari supervisi konvensional menjadi model supervisi akademik ; (d) Supervisor harus membina, membimbing dan mendampingi guru dalam proses mengajar, menyiapkan perangkat, metode pengajaran dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pembelajaran; Kurikulum 2013
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:48
Last Modified: 28 Mar 2019 07:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item