PERAN KEPALA SEKOLAH MEMANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI MTs NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUSTOFA, M. SYAIFUDIN (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH MEMANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI MTs NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (203kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
07 BAB VI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peran kepala madrasah dalam memanajemen Sarana dan Prasaran Pendidikan di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Loor Kudus Tahun Pelajaran 2017/ 2018 .: 2) faktor- faktot yang menghambat kepala Madrasah dalam memanajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Loor Kudus Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Adapun Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan menggunakan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu, di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Loor Kudus. Sumber di peroleh dari kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, guru, dan peserta didik. Hasil Penelitian ini sebagai berikut : 1) peran kepala madrasah dalam memanajemen Sarana dan Prasaran Pendidikan di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Loor Kudus Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Menurut peneliti kepala madrasah dalam memanajemen sarana dan prasarana pendidikan dapat di kategorikan sudah cukup baik dan telaksana dengan maksimal dan sudah sesuai dengan prosedur yang menejemen sarana dan prasarana pendidikan, mulai dari m manajemen perencanaan, manajemenp pengadaan, manajemen pemeliharaan,serta manajemen sarana dan prasarana pendidikan kepala selalu berkoordinasi dan bermusyawarah dengan dewan guru, staf kependidikan dan karyawan melalui raker yang di adakan setiap tahun ajaran baru dan sumber dana yang di dapat, yaitu dari dana bos, yayasan, dan proposal yang di ajukan dari pemerintah dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, menyesuaikan dengan manfaat dan perawatan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di madrasah. Dan untuk penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan, dengan menginventaris semua barang-barang baru yang masuk, yang di tugaskan pada bagian TU, serta pengwasan sarana dan prsarana madrasah mevaluasi tentang keadaan atau kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan dengan mengecek melalui pembekuan dan pelaporan-laporan tentang kerusakan barang.: 2)Faktor- faktot yang menghambat kepala Madrasah dalam memanajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Loor Kudus Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Menurut peneliti fakto-faktor yang menghambat kepala madrasah dalam memanajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah Keterbatasan dana.Terbatasnya tenaga ahli sumber daya manusia untuk merawat dan memelihara sarana dan prasarana yang di miliki madarasah. Kurangnya komunikasi yang baik antara semua guru, staf kependidikan, wakasarana dan prasarana dan kepala madrasah dalam proses manajemen sarana dan parasarana dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sarana dan Prasarana
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Gedung dan Bangunan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:55
Last Modified: 28 Mar 2019 07:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item