KULSUM, UMI (2018) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MELAYANI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Mini Market Rahap Putra Klambu Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (748kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (259kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (111kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (202kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Minimarket Rahap Putra Klambu merupakan usaha yang bergerak dibidang penjulaan barang-barang sehari-hari dan kebutuhan pokok lainnya. Tujuan dari setiap pendirian perusahaan adalah untuk mencari keuntungan yang semaksimal mungkin. Dalam suatu perusahaan merupakan bagian yang terpenting karena itu wajib bagi karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, pelayanan merupakan kunci tercapainya target suatu perusahaan karena dengan pelayanan yang baik dan menyenangkan akan memberi kenyamanan tersendiri bagi konsumen. Latar belakang penulis mengambil judul ini karena ingin mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada Minimarket Rahap Putra Klambu dan bagaimana dalam Melayani Konsumen di Minimarket Klambu. Skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini bertempat di jalan Kudus Purwadadi, tepatnya di depan Puskesmas Desa Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dalam penulisan ini yang menjadi populasi adalah pimpinan, karyawan serta pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung dengan pemimpin Minimarket Rahap Putra Klambu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari responden melalui wawancara, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari tulisan atau buku-buku. Dalam penelitian ini penulis, menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa pada Minimarket Rahap Putra Klambu untuk menerapkan etika bisnis islam yang terdiri dari : kejujuran, berbicara yang sopan, cekatan dalam melayani, ramah tamah dalam melayani, melayani dengan penuh tanggung jawab, memiliki keinginan untuk menolong dan berpakaian yang rapi, didalam penerapannya karyawan telah melaksanakan etika bisnis dengan baik terlihat penilaian yang cukup memuaskan dari pelanggan kecuali keinginan karyawan untuk menolong konsumen yang kesulitan. Melayani konsumen dengan menerapkan etika bisnis islam pada Minimarket Rahap Putra Klambu sebagian sudah diterapkan sesuai dengan etika binsis dan ada yang belum yaitu keinginan karyawan unuk menolong konsumen yang kesulitan. Dalam islam manusia dituntut untuk berbuat ihsan terhadap sesama manusia dan dianjurkan untuk saling tolong-menolong dan ikhlas dalam melakukan sesuatu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam; Pelayanan Konsumen. |
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 01:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 01:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2306 |
Actions (login required)
View Item |