UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN SELF CONFIDENCE SISWA TUNARUNGU PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMALB BINA CITRA PATI

HIDAYATI, HUSNA (2018) UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN SELF CONFIDENCE SISWA TUNARUNGU PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMALB BINA CITRA PATI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam membangun self confidence siswa tunarungu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan bagaimana faktor yang menjadi pendukung dan faktor penghambat guru dalam membangun self confidence siswa tunarungu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMALB Bina Citra Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif , sesuai objek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi penelitian di SMALB Bina Citra Pati. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya guru dalam membangun self confidence siswa tunarungu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMALB Bina Citra Pati yaitu guru memberi motivasi, nasehat islami, pengarahan dan dorongan positif serta melibatkan siswa tunarungu dengan berbagai kegiatan.2) Pelaksanaan upaya guru dalam membangun self confidence siswa tunarungu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMALB Bina Citra Pati memiliki dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu konsep diri yang baik, dan lingkungan keluarga yang mendukung. Faktor penghambatnya yaitu yaitu komunikasi antara guru dengan siswa yang terbatas, dan lingkungan masyarakat yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Self Confidence (Kepercayaan Diri); Anak Tunarungu; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:37
Last Modified: 09 Apr 2019 07:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item