IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIX-PAIRSHARE PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 01 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jannah, Wulan Miftakhul (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIX-PAIRSHARE PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 01 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (226kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe mix-pair-share di MAN 01 Kudus, karena dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling membelajarkan satu sama lainnya, meningkatkan keaktifan, berpartisipasi dalam penyelesaian masalah, melatih keberanian untuk berbicara dan memberikan pemahaman konsep kepada peserta didik terkait materi yang diajarkan oleh pendidik. Implementasi model pembelajaran mix-pair-share pada mata pelajaran Fiqih dapat dilihat saat pembelajaran di dalam kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pembelajaran Fiqih di MAN 01 Kudus, 2) untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran mix-pair-share pada mata pelajaran Fiqih di MAN 01 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research yaitu peneliti langsung terjun di lokasi penelitian. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan dan melihat kondisi alamiah. Sumber data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu kepala madrasah, guru fiqih dan pesserta didik, dan data sekunder yaitu RPP, keadaan guru dan peserta didik, sarana prasarana dan keadaan madrasah dan data yang terkait. Adapun yang lokasi penelitian berada di MAN 01 Kudus. Pengumpulan data yang peneliti lakukan menggunakan dengan teknik observasi partisipasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian yang peneliti gunakan dengan uji kredibilitas data yaitu perpanjang pengamata, peningkatan ketekunan, trianggulasi, meningkatkan ketekunan dan member check. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran fiqih di MAN 01 Kudus telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 yang mengedepankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Selain itu mereka juga diajarkan praktik beribadah baik di lingkungan sekolah maupun terjun langsung di lapangan yang secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa keimanan, ketaqwaan dan rasa kepedulian sosial kepaa orang lain. 2) implementasi model pembelajaran mix-pair-share pada mata pelajaran fiqih di MAN 01 Kudus dengan sistem berbaur-berpasangan-berbagi di mana peserta didik diberikan kesempatan untuk belajar dengan sesama temannya sehingga menjadi lebih aktif dalam mengutarakan pendapatnya, lebih semangat dalam belajar fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; mix-pair-share; mata pelajaran fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:13
Last Modified: 18 Apr 2019 07:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item