MANAJEMEN KONFLIK KEPALA MADRASAH UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF DI MTS MIFTAHUL ULUM WEDING BONANG DEMAK

UMAR, FARIS FAISHOL (2018) MANAJEMEN KONFLIK KEPALA MADRASAH UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF DI MTS MIFTAHUL ULUM WEDING BONANG DEMAK. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
03. PEDOMAN TRANSLITERASI DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (839kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (825kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian bermaksud untuk mengetahui atau mendeskripsikan sumber dan jenis konflik, pengendalian dan penanganan konflik, dan menggambarkan bagaimana upaya manajemen kepala madrasah dalam mengelola konflik di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Untuk mengetahui hal tersebut secara detail dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, digunakan penelitian lapangan berpendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data berjumlah 6 (enam) pendidik, yaitu: kepala madrasah, waka madrasah, pembina kesiswaan, pembina sarana prasarana, pendidik kelas bawah, dan pendidik kelas atas. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data, bahan referensi proses penelitian, dependability, dan konfirmability. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, terdiri dari: reduksi data, display data, dan konklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sumber dan jenis konflik yang dapat ditemukan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Weding Bonang Demak adalah: a) permasalahan siswa yang sering muncul dikalangan siswa, b) Permasalahan yang sering terjadi antara guru dan karyawan, 3) Permasalahan yang muncul terjadi di atas dipicu hal-hal seperti kedisiplinan kehadiran dan waktu pulang, gaya pribadi guru, dan beban hidup, d) permasalahan yang terjadi antara masyarakat dengan madrasah. 2) Pengendalian dan penanganan manajemen konflik yang dilakukan oleh kepala madrasah sudah berjalan baik dalam penyelesaiannya konflik yang terjadi di madrasah dengan memperhatikan : a) Permasalahan yang terjadi dikalangan siswa dilakukan dengan mekanisme penanganan berjenjang mulai wali kelas, guru bimbingan dan konseling, wakil kepala bidang kesiswaan dan keputusan tertinggi oleh kepala madrasah, b) Penyelesaian permasalahan yang menyangkut guru dan karyawan di intervensi langsung oleh kepala madrasah sebagai pucuk pimpinan madrasah dengan gaya kolaborasi, gaya kompromi, gaya menghindardan gaya mengikuti orang lain, c) Penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan orang tua, yayasan dan komite madrasah dilakukan dengan cara kompromi untuk menstabilkan suasana madrasah. 3) Upaya kepala madrasah dalam mengelola konflik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Weding Bonang Demak dengan menggunakan pendekatan spiritual melalui kegiatan ritual istigotsah setiap malem jum’at legi, dari ritual tersebut dimadrasah mulai berkurang serta menambah rasa kekeluargaan di setiap masing masing guru dan karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konflik; Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:54
Last Modified: 25 Apr 2019 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item