ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB SULLAMUTTAUFIQ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRAKTEK AGAMA DI SMA YASIHA GUBUG GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HADI, AHMAD SYAIKHUL (2018) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB SULLAMUTTAUFIQ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRAKTEK AGAMA DI SMA YASIHA GUBUG GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRACK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. ABSTRACK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFATR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab sullamut taufiq dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran praktek agama di SMA YASIHA Gubug Grobogan 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab sullamut taufiq dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran praktek agama di SMA YASIHA Gubug Grobogan. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, suatu jenis penelitian yang mengkaji suatu objek pada latar alamiah dengan metode-metode yang alamiah yang hasil temuannya tidak generalisasi berdasarkan ukuran-ukuran kuantitas, namun makna dari fenomena yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi, Member Check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kitab sulamuttaufīq pada mata pelajaran praktek agama dalam meningkatkan pemahaman peserta didik sudah dapat dikatakan baik dengan bukti minat peserta didik terhadap pembelajaran kitab sullamuttaufīq tinggi, hal ini dikarenakan faktor guru yang mempunyai kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran. 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran kitab sullamuttaufīq adalah dari guru yang memiliki kompetensi baik, serta sebagian peserta didik yang memiliki kemampuan dalam memahami kitab kuning. Adapun faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang kurang, terkadang terjadi kegaduhan dari kelas lain, pembelajaran pada waktu siang, serta kecerdasan peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Sullamuttaufīq; Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik; Mata Pelajaran Praktek Agama
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:58
Last Modified: 29 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item View Item