FAIDA, SILVIA NUR (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI RUANG PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA DI MI NU RAUDLATUS SHIBYAN 01 PEGANJARAN BAE KUDUS TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (668kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (556kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (258kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (515kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
Abstract
Masalah yang dihadapi oleh siswa terjadi pada rendahnya pemahaman konsep geometri ruang pada mata pelajaran matematika. Sehingga dalam penelitian ini akan membahas tentang apakah ada perbedaan dan peningkatan pemahaman konsep geometri ruang kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan pemahaman konsep geometri ruang antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test. Dengan sampel 39 siswa di MI NU Roudlatus Shibyan 01. Pengambilan sampelnya menggunakan Purposive sampling, penentuannya menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang terbukti bahwa rata-rata nilai pada kelompok eksperimen 78,05 sedangkan rata-rata nilai pada kelompok kontrol adalah 64,70. Berdasarkan uji t diperoleh thitung = 3,070 dan ttabel =1,697 dengan taraf nyata sebesar 5%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi TTW mampu meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang siswa pada kelas V MI NU Roudlatus Shibyan 01 dan strategi TTW ini efektif diterapkan dalam matapelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Think Talk Write; Pemahaman Konsep |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 02:13 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 02:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2448 |
Actions (login required)
View Item |