PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TIPE PICTORALI RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA DONGOS KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nisak, Fitrotun (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TIPE PICTORALI RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA DONGOS KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4 BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
5 BAB 2.pdf

Download (154kB)
[img] Text
6 BAB 3.pdf

Download (120kB)
[img] Text
7 BAB 4.pdf

Download (349kB)
[img] Text
8 BAB 5.pdf

Download (386kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara. Dalam tujuan ini penulis beranggapan bahwa metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap hasil belajar siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen yang termasuk untuk mengetahui pengaruh atau hubungan sebab-akibat (cause and effect relationship) dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bentuk pretes dan postes ( The pretes-Posttest Control Group Desaign). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle pada mata pelajaran IPS kelas 5 yang telah dihipotesiskan diperoleh angkat sebesar 84 maka data tersebut dikategorikan “tinggi” karena data tersebut pada rentang interval 80-90. (2) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada mata pelajaran IPS kelas 5 yang telah dihipotesiskan diperoleh angkat sebesar 71 maka data tersebut dalam kategori “cukup” karena data tersebut pada rentang interval 70-80. (3) Ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control dengan hasil belajar siswa pada kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kelas control dengan rincian jumlah skor kelompok eksperimen 84% sedangkan kelompok control 71%, kesimpulan terakhir adalah terdapat peningkatan skor pada kelompok eksperimen sebesar 13%. Angka tersebut didapat dari data skor pretest dan posttes dari kelompok eksperimen 84% - 66% = 18 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 May 2019 06:34
Last Modified: 03 May 2019 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item