MUAWANAH, MUAWANAH (2018) MANAJEMEN KELAS DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI SD ROGOMULYO 01 KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2018 /2019. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (25MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kreativitas anak dapat tumbuh dan berkembang guna pembentukan anak yang mandiri, maka upaya pengembangan pun dilakukan, baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Hal ini diawali dengan diterapkannya manajemen kelas yang mengacu pada individu anak sejak dini. Ini dibuktikan dengan mulai diaplikasikannya kurikulum berbasis kompetensi yang terkait dengan pendekatan pengembangan pribadi. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Sedangkan teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil Penelitian ini diperoleh kesimpulan : 1) Desain manajemen kelas untuk pengembangan kreatifitas anak di SD Rogomulyo 01 Kayen Pati dilakukan oleh guru terhadap anak didiknya di dalam kelas sebagai upaya mengatur semua komponen pembelajaran agar dapat berjalan dengan kondusif untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan meningkatkan kualitas siswa menjadi lebih baik dan menjadikan siswa yang berprestasi. (2) Implementasi manajemen dalam pembelajaran kelas untuk pengembangan kreatifitas anak di SD Rogomulyo 01 Kayen Pati dilakukan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengelola sumber daya yang ada, sumber daya itu berupa siswa dan fasilitas kelas. 3) hasil pencapaian manajemen kelas dalam pengembangan kreatifitas anak di SD Rogomulyo 01 Kayen Pati melalui manajemen kelas. Dan untuk mengukur keberhasilan pengembangan tersebut dapat diketahui melalui perkembangan perilaku kreatif anak dan kemampuan guru dalam manajemen kelas. Adapun prosedur yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada, di antaranya dengan menyusun panduan observasi dan panduan wawancara, sehingga penelitian memiliki batasan yang jelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas; Kreativitas Anak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 May 2019 02:06 |
Last Modified: | 06 May 2019 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2497 |
Actions (login required)
View Item |