FUAD, AKHMAD (2018) EFEKTIVITAS SERTIFIKAT PENDIDIK SEBAGAI INDIKATOR KUALITAS GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS TAHUN 2018/2019. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
3. ABSTRACK.pdf Download (3MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Profil guru-guru bersertifikat di SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2018/2019. (2) Perubahan-perubahan kinerja guru bersertifikat di SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2018/2019. (3) Dampak pembelajaran dari adanya sertifikat pendidik sebagai indikator kualitas guru di SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan paradigma naturalistik, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks natural atau wajar, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di SMP Muhmmadiyah 1 Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen pembelajaran muatan lokal di madrasah tersebut. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Profil guru bersertifikat di SMP Muhammadiyah 1 Kudus merupakan guru sebagai panutan bagi guru yang lain dalam hal kinerja dalam sekolah, mulai pembelajaran, kehadiran, dan punya rasa tanggungjawab tinggi terhadap jabatan yang diemban. Karena guru sertifikasi kinerja harus maksimal sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan juga cakap dalam pengabdian di sekolah. selain itu guru sertifikasi mampu mengoperasionalkan teknologi sebagai prasarana pembelajaran, memanfaatkan alat peraga, bisa berinovasi dalam mengajar, mengatur materi yang tepat, dan juga senantiasa mengikuti pelatihan-pelatihan dalam pengembangan kinerja guru. (2) Perubahan-perubahan kinerja guru bersertifikat di SMP Muhammadiyah 1 Kudus sudah baik sesuai dengan tugas, yaitu melakukan tugas dengan baik sesuai kurikulum pembelajaran dan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, semangat dalam menjalani tugasnya yang menjadikan dedikasi mereka tinggi terhadap apa yang diemban menjadi guru sertifikasi, tanggap terhadap perubahan dan inovasi dalam pembelajaran, perencanaan yang matang dalam penyampaian materi pembelajaran, mampu mengoperasikan teknologi, selalu mengikuti pelatihan-pelatihan guru sebagai pengalaman diri sebagai pengembangan kinerjanya, dan juga berdisiplin selama menjalani tugas di sekolah. (3) Dampak dari adanya sertifikat pendidik sebagai indikator kualitas guru di SMP Muhammadiyah 1 Kudus yakni guru mampu mengoptimalkan pembelajaran dikelas, pembelajaran terpantau oleh kepala dan pengawas, ada konsekuensi dari kedisiplinan bagi guru sertifikasi, senantiasa bertukar pikiran dan kerjasama demi kemajuan sekolah dan pengembangan guru, memiliki kelengkapan administrasi mengajar memberikan pencapaian target guru dalam pembelajaran, mulai dari kinerja, prestasi siswa, dan dedikasi dalam sekolah, fokus dalam mengajar, lebih baik dan lebih kreatif dalam mengajar, memberi pelayanan terhadap keberhasilan siswa dan tidak memikirkan kerja sampingan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sertifikat pendidik; kualitas guru |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 May 2019 02:12 |
Last Modified: | 06 May 2019 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2498 |
Actions (login required)
View Item |