PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KONSIDERASI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TAQWIYAH, SIT (2017) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KONSIDERASI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (857kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan kinerja guru dapat diperbaiki diantaranya fungsi seorang pemimpin. Seorang pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi harus mempunyai gaya tertentu. Salah satu tinjauan gaya kepemimpinan yang dapat mempengaruhi kinerja guru secara manusiawi adalah gaya kepemimpinan konsiderasi. Gaya kepemimpinan konsiderasi lebih banyak memberi kesempatan kepada para guru untuk mengembangkan kreativitasnya dan membuka peluang bagi guru untuk berpartisipasi dalam program-program sekolah, sehingga gaya kepemimpinan konsiderasi kepala madrasah diduga dapat mempengaruhi guru, yang berarti semakin meningkat intensitas kepemimpinan konsiderasi yang dilakukan kepala madrasah diduga juga meningkatkan kinerja guru yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh gaya kepemimpinan konsiderasi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpula data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Responden penelitian ini adalah 33 guru di MTs Al Irsyad Gajah Demak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa gaya kepemimpinan konsiderasi kepala madrasah (variabel X) memiliki nilai rata-rata sebesar 86,79 yang masuk dalam interval (82 – 100) termasuk dalam kategori sangat baik, artinya gaya kepemimpinan konsiderasi kepala madrasah di MTs Al Irsyad Gajah Demak rata-rata memiliki pengaruh yang sangat baik sehingga mempengaruhi kinerja guru di MTs Al Irsyad Gajah Demak dan kinerja guru (variabel Y) memiliki nilai rata-rata sebesar 87,61 yang masuk dalam interval (82 – 100) termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk pengujian hipotesa diperoleh r hitung sebesar 0,773 dibandingkan dengan r tabel signifikan 5% = 0,344 maupun 1% = 0,442 sehingga r hitung lebih besar dari r tabel (0,773 > 0,344) dan (0,773 > 0,442), maka hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh positif antara gaya kepemimpinan konsiderasi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Al Irsyad Gajah Demak Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima, maka ho ditolak dan ha diterima. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R) diperoleh nilai sebesar 59,7529%, artinya gaya kepemimpinan konsiderasi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Al Irsyad Gajah Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 sebesar 59,7529%, sedangkan sisanya 100% - 59,7529% = 40,2471% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Konsiderasi Kepala Madrasah dan Kinerja Guru
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2019 02:33
Last Modified: 07 May 2019 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item