PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI ATRIBUT JASA PELAYANAN PADA KSPPS KOWANU NUGRAHA KUDUS

STYAWATI, MEIRINA DIAH (2017) PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI ATRIBUT JASA PELAYANAN PADA KSPPS KOWANU NUGRAHA KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (943kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi konsumen berkaitan erat dengan kesadarannya yang subyektif mengenai realitas, sehingga apa yang dilakukan seorang konsumen merupakan reaksi terhadap persepsi subyektifnya, bukan berdasarkan realitas yang obyektif. Konsumen biasanya membuat pilihan mereka diantara berbagai pilihan penawaran jasa berdasarkan perbedaan jasa menurut persepsi mereka. Penyampaian layanan/jasa harus tepat waktu, akurat, dengan perhatian dan keramahan, karena jasa tidak berwujud fisik (intangible) dan merupakan hal yang dapat dipersepsikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi konsumen mengenai atribut jasa pelayanan yang ada di KSPPS Kowanu Nugraha Kudus. Jenis penelitian adalah field reseach, pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data yang digunakan meliputi data primer yang berasal dari wawancara langsung kepada narasumber, dimana dalam penelitian ini mewawancarai 6 orang narasumber satu orang dari manager KSPPS Kowanu Nugraha dan lima orang dari konsumen KSPPS Kowanu Nugraha Kudus, dan data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan dan dokumentasi tertulis dari KSPPS Kowanu Nugraha Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview), dokumentasi yang menganalisis tentang persepsi masyarakat mengenai atribut jasa pelayanan. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data dan verifikasi pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki persepsi mengenai atribut jasa pelayanan yang berebeda-beda. Persepsi terjadi karena adanya kesenjangan (gap) antara harapan dan pengalaman yang diterima dari pelayanan yang diterima oleh konsumen KSPPS Kowanu Nugraha Kudus. Atribut jasa reliability dan empathy menjadi atribut yang memiliki kesenjangan paling besar karena tidak sesuai antara harapan dan pelayanan yang di dapatkanya, bila dibiarkan maka akan memunculkan persepsi negative dari konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Atribut Jasa Pelayanan; Perilaku Konsumen
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Koperasi
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 May 2019 02:45
Last Modified: 09 May 2019 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item View Item