SETYANINGRUM, DEVI (2017) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE, MEDIA DAN BAHAN AJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam mencapai tujuan pembelajaran diperlukan metode, media dan bahan ajar. Tidak semua metode pembelajaran sesuai dengan media dan bahan ajar. Oleh karena itu, guru dituntut agar pandai dalam memilih metode, media dan bahan ajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengunaan metode, media dan bahan ajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs N 1 Kudus. 2) Untuk mengetahui kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs N 1 Kudus. 3) Untuk mengetahui implementasi penggunaan metode, media dan bahan ajar dalam meningkatkan kemapuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs N 1 Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MTs N 1 Kudus. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Penggunaan metode, media dan bahan ajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017, menurut peneliti sudah dikategorikan efektif. Hal ini dibuktikan bahwa guru menggunakan metode dan media mengajar yang bervariatif dan guru dapat menggembangkan materi dengan menggunakan bahan ajarnya. Sehingga kemampuan psikomotorik siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik dengan mudah menerima materi pelajaran dan implikasi dari hal tersebut siswa lebih aktif mengikuti diskusi serta tanya jawab dalam proses pembelajaran. Kedua, Peningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017, menurut peneliti dikatagorikan sudah signifikan. Hal ini dibuktikan dari tingkah laku dan sopan santun serta sikap takdzim peserta didik terhadap guru, tenaga kependidikan dan sesama teman. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan psikomotrik siswa dengan nilai rata-rata 84 pada mata pelajaran akidah akhlak. Ketiga, implementasi penggunaan metode, media dan bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran akidah akhlak tahun pelajaran 2016/2017 sudah dapat dikatakan signifikan, karena guru dapat menggunakan metode dan media mengajar yang bervariatif serta guru dapat menggembangkan materi dengan menggunakan bahan ajarnya. Sehingga kemampuan psikomotorik siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata mata pelajaran akidah akhlak 84 diatas nilai rata-rata KKM 76.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Metode; media dan bahan ajar; kemampuan psikomotorik; mata pelajaran akidah akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 May 2019 04:22 |
Last Modified: | 09 May 2019 04:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2545 |
Actions (login required)
View Item |