RITA, ANNA (2017) PENGARUH BAGI HASIL, PERSEPSI RESIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH BERINVESTASI PADA PRODUK MUDHARABAH DI PT. BNI SYARIAH KANTOR CABANG KUDUS. Masters thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstraksi.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kecilnya minat investasi masyarakat indonesia menjadikan problem para pelaku bisnis perbankan, beberapa faktor yang menarik minat nasabah untuk berinvestasi yaitu tentang tingkat suku bunga, persepsi resiko, kepercayaan nasabah menjadi peruntungan bagi perbankan konvesional, Tetapi hal ini menjadi bumerang bagi perbankan syariah jika mengikutinya, terlebih pada faktor suku bunga yang menjadi stigma “bunga adalah haram”. Perbankan syariah saat ini mengemas produk investasi pada akad mudharabah dan ada juga yang mengunakan akad wadiah sehingga mengunakan sistem bagi hasil sebagai pengganti suku bunga karena tingkat bagi hasil di tentukan di akhir masa akuntasi bagi rugi dan bagi untung, Hal ini menjembatani ketakutan nasabah perbankan syariah untuk berinvestasi dan pelaku bisnis dalam mencari modal usaha sesuai syariat islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bagi hasil, persepsi resiko dan kepercayaan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Kudus. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang berupaya menggambarkan keadaan atau status fenomena. Dalam hal ini, untuk menguji pengaruh bagi hasil, persepsi resiko dan kepercayaan terhadap minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Kudus. Jumlah sampel penelitian sebanyak 98 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah aksidental random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak, pada nasabah BNI Syariah cabang kudus (dengan akad Mudharabah) yang saat itu berada pada waktu penelitian yaitu (selama 20 hari) yaitu di mulai pada 2 September 2016 sampai dengan 23 September 2016. Untuk alat bantu pengolahan data mengunakan software SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah: Bagi hasil mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Kudus, dimana dengan asumsi faktor-faktor yang lain konstan, maka dengan semakin meningkatnya bagi hasil akan cenderung meningkatkan minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah. Persepsi resiko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Kudus. dimana dengan asumsi faktor-faktor yang lain konstan, maka dengan semakin nasabah memahami persepsi resiko akan cenderung meningkatkan minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah. Kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Kudus, dimana dengan asumsi faktor-faktor yang lain konstan, maka dengan semakin meningkatnya kepercayaan nasabah akan cenderung meningkatkan minat nasabah berinvestasi pada produk mudharabah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bagi hasil; persepsi resiko; kepercayaan; minat berinvestasi; Mudharabah |
Subjects: | Fiqih > Mu`alamat Fiqih > Mu`alamat > Syarikah > Mudharabah Fiqih > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil |
Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 May 2019 03:23 |
Last Modified: | 24 May 2019 03:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |