Utami, Intan Sari (2017) KONTRIBUSI TPQ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PADA SISWA MI NU AL KHURRIYAH 02 BESITO GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan membaca Alquran menjadi bekal penting bagi siswa dalam mengarungi kehidupannya, terlebih dalam perkembangan arus globalisasi seperti sekarang ini. Demi membekali siswa akan kemampuan membaca Alquran yang fasih dan tartil, maka pihak madrasah mengupayakan sebuah inovasi dengan mengikutsertakan siswa dalam pembelajaran TPQ yang berlangsung di pagi hari sebelum pembelajaran MI. Dengan adanya inovasi inilah penulis tertarik melakukan penelitian tentang kontribusi TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa MI NU Al Khurriyah 02 Besito. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana upaya guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada siswa MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus?, (2) Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat upaya TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada siswa MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus?,(3) Bagaimana kontribusi TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada siswa MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus?. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan Ketekunan, triangulasi, member check (Pengecekan Anggota), dan menggunakan Bahan Referensi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa MI, meliputi upaya melalui kegiatan pembelajaran, peningkatan kualitas guru, dan kerjasama antara pihak madrasah dan wali murid, (2) Dalam upaya peningkatan kemampuan membaca siswa, terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, baik internal maupun eksternal yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran Alquran,(3) kontribusi yang diberikan TPQ, diantaranya kemampuan membaca Alquran siswa yang menunjukkan banyak peningkatan sesuai dengan kaidah tajwid, makhorijul huruf dan shifatul hurufnya, dan banyak prestasi yang diraih siswa kaitannya dengan tilawah Alquran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Taman Pendidikan Alquran (TPQ); Kemampuan membaca Alquran |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 May 2019 03:33 |
Last Modified: | 24 May 2019 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2624 |
Actions (login required)
View Item |