MASBAKHAH, IYANATUL (2018) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA BULUNG KULON JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.COVER.pdf Download (21MB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus (2) mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus (3) mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orang tua dan penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 50 peserta didik dengan sample sebesar 44 peserta didik dan menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana maupun ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0.343>0.297) dan dengan nilai kontribusi sebesar 11.7%. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0.658>0.297) dan dengan nilai kontribusi sebesar 43.3%. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.461 dan Fregresi sebesar 17.554. Nilai Fhitung = 17.554 > Ftabel = 3.230, dan dengan nilai kontribusi sebesar 46.1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Demokratis Orang Tua; Penyesuaian Diri dan Kemandirian Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 01:32 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 01:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2660 |
Actions (login required)
View Item |