IMPLEMENTASI TEKNIK FLOW CHART SIMULATION PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTS NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BUNYAMIN, AKHMAD (2018) IMPLEMENTASI TEKNIK FLOW CHART SIMULATION PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTS NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (795kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (447kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan teknik Flow Chart Simulation Pada Mata Pelajaran Fikih yang difokuskan pada kelas VIII, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sekaligus solusi yang diambil dalam menangani kekurangan dari penggunaan teknik ini. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi terus terang, wawancara terstruktur untuk memperoleh data dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan metode perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi dengan mengumpulkan beberapa teknik pengumpulan data. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (Verification). Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Guru Fikih dan peserta didik kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan teknik flow chart simulation pada mata pelajaran Fikih mampu menarik perhatian peserta didik dalam belajar materi Fikih. Selain itu peserta didik juga mendapatkan pengalaman yang baru selama kegiatan proses pembelajaran. Peserta didik yang diberi materi Fikih dengan variasi gaya mengajar tersebut menjadi lebih aktif mendengarkan, menyimak, bertanya, dan mengemukakan pendapat. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode flow charting simulation pada mata pelajaran Fikih di di MTs NU Miftahul Ulum adalah faktor pendukung antara lain: faktor guru, faktor siswa, alat peraga, dan adanya faktor dukungan dari komite sekolah,. Faktor penghambat antara lain: faktor guru, faktor siswa, faktor alokasi waktu, dan materi ajar. Tetapi, hal tersebut tidak menghambat terjadinya proses pembelajaran karena hal itu diatasi dengan baik. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaram bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran Fikih untuk lebih meningkatkan pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi para peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Teknik, Flow Chart Simulation, Mata Pelajaran Fikih, MTs NU Miftahul Ulum
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:57
Last Modified: 24 Jun 2019 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item